Gubernur BI Jelaskan Pentingnya Pariwisata Bagi Ekonomi RI

News - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
18 March 2019 17:03
Gubernur BI Jelaskan Pentingnya Pariwisata Bagi Ekonomi RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) optimistis pariwisata bisa menjadi sektor penyumbang devisa terbesar, setelah kelapa sawit. Bahkan, Gubernur BI Perry Warjiyo menekankan, pariwisata berperan penting dalam perekonomian Indonesia.

"Jelas devisa dari pariwisata sangat penting bagi ekonomi kita. Dengan penerimaan devisa US$ 16,1 miliar, tahun ini Insyallah US$ 17,6 miliar bisa menjadi penyumbang devisa kedua setelah kelapa sawit. Sekarang menyalip batu bara, memang tergantung harga tapi yang jelas penyumbang devisa terbesar," ujarnya usai rapat koordinasi dengan Menko Maritim dan Menteri Pariwisata, Senin (18/3/2019).

"Bagi BI itu langkah penting mengurangi neraca perdagangan, menambah supply valas, dan menstabilkan nilai Rupiah."


Gubernur BI Jelaskan Pentingnya Pariwisata Bagi Ekonomi RIFoto: Rapat Dewan Gubernur BI (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)


Selain itu, pariwisata juga dipercaya mampu menggerakkan roda perekonomian. Pasalnya, cakupan sektor pariwisata cukup luas, sehingga mampu menyerap banyak tenaga kerja.




Oleh karena itu, BI dan pemerintah akan fokus mengembangkan sektor pariwisata, termasuk pengembangan ke ranah digital.

"Devisa pariwisata itu sektornya melebar, di dalam klasifikasi bisnis yang akan dipublikasi kelihatan sektor pariwisata, penerbangan, resort dan hotel, restoran, UMKM. Dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi lebih tinggi, menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat kita."

"Maka itu, pengembangan digital ekonomi akan semakin memberi nilai tambah, tidak hanya pada devisa, tapi juga ekonomi rakyat kita."



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading