20.225 Orang Sudah Dapat Beasiswa dari LPDP, Anda Tertarik?

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
15 March 2019 20:53
20.225 Orang Sudah Dapat Beasiswa dari LPDP, Anda Tertarik? Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani Memimpin Konferensi pers kinerja APBN 2018 di Kementerian Keuangan (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sejak 2013 telah memberikan beasiswa kepada 20.225 orang.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan saat ini tercatat sudah ada 7.108 alumni dan 3.266 persiapan keberangkatan bagi penerima beasiswa dan 9.881 tengah menempuh studi.

"Ada lulusan Teknik Mesin dari University of Utrecht yang sebelumnya alumni ITB, sekarang bekerja di Pemda DKI. Dia bilang dia salah tempat. Saya katakan jangan pernah merasa salah tempat. Di mana pun anda berada anda harus menjadi sumber aspirasi," ungkap Sri Mulyani, dalam acara Sarasehan LPDP 2019 di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Program beasiswa dari LPDP sendiri hanya ada dua, yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga.


Dijelaskan Sri Mulyani, beasiswa terdiri dari reguler, disertasi, dokter spesialis, afirmasi, unggulan dosen Indonesia dan co-funding.

"Pembiayaan LPDP hingga saat ini Rp 46 triliun ini dipelihara dalam bentuk investasi SBN, deposito, obligasi lainnya. Kami kelola supaya tidak terjadi missmatch karena investasi dalam bentuk rupiah tapi pengeluaran kita dalam mata uang asing," tuturnya.

Kepada lulusan dan penerima beasiswa LPDP, Sri Mulyani menyampaikan pesan khusus. "Jangan khianati Republik Indonesia. Terima kasih saja tidak cukup, berikan dalam bentuk pemikiran, kerja keras, prestasi dan yang paling penting berikan hati anda hanya untuk Indonesia," tuturnya.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading