DJP Kerja Keras Ajak Masyarakat Lapor SPT

News - Iswari Anggit Pramesti, CNBC Indonesia
14 March 2019 16:49
DJP Kerja Keras Ajak Masyarakat Lapor SPT
Jakarta, CNBC Indonesia - Mendekati tenggat waktu pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP) semakin giat mengajak wajib pajak (WP) untuk segera melapor.

Berbagai upaya telah dilakukan DJP agar target 18,3 juta pelaporan SPT terpenuhi pada 31 Maret 2019 mendatang. Mulai dari memberi keterangan di berbagai media massa, menjelaskan di situs resmi DJP, hingga mengirim e-mail pemberitahuan terkait pelaporan SPT ke setiap wajib pajak.

"Pertama, menyampaikan atau tidak menyampaikan SPT ini harus kita pisahkan. Ada sebagian dari yang tidak menyampaikan SPT karena tidak tahu ada kewajiban penyampaian SPT. Makanya program edukasi itu lebih kita tonjolkan pada WP," ujar Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak, Yon Arsal, Kamis (14/3/2019).


"Makanya kemarin DJP menerbitkan banyak e-mail kepada WP, itu hanya sebatas mengingatkan."

Pasalnya, hingga kemarin jumlah WP yang telah melaporkan SPT baru 5,97 juta dan masih jauh dari target. Namun, Yon yakin dengan diingatkan terus menerus dapat meningkatkan kesadaran WP untuk segera melaporkan SPT.

"Ini base practice yang ada hampir di seluruh negara, bahwa kita belajar dari negara lain bahwa mengingatkan WP itu merupakan praktik lazim," pungkasnya.








(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading