Mantap! Rupiah Jadi yang Terbaik dari yang Terburuk

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
14 March 2019 16:53
Ilustrasi Rupiah dan Dolar AS (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah tipis hampir flat di perdagangan pasar spot hari ini. Meski terdepresiasi, nasib rupiah lebih baik ketimbang mayoritas mata uang Asia. 

Pada Kamis (14/3/2019), US$ 1 dihargai Rp 14.262 kala penutupan pasar spot. Rupiah melemah tipis 0,01% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. 

Kala pembukaan pasar, rupiah masih menguat 0,21%. Hingga jelang tengah hari, rupiah masih bercokol di zona hijau dan bahkan sempat menjadi mata uang terbaik di Asia. Ini memunculkan harapan bahwa rupiah mampu finis di teritori apresiasi. 



Namun selepas tengah hari, rupiah mulai limbung. Apresiasi rupiah semakin tipis, habis, dan akhirnya melemah. Rupiah bertahan di zona merah hingga penutupan pasar, meski depresiasinya bisa dikurangi hingga nyaris flat. 


Berikut pergerakan kurs dolar AS terhadap rupiah sepanjang hari ini: 

 

Walau performa rupiah kurang apik, tetapi ternyata lebih baik dibandingkan para tetangganya. Dolar AS berhasil mendominasi Asia, tidak ada mata uang Benua Kuning yang selamat dari amukannya. Ya, seluruh mata uang utama Asia melemah di hadapan dolar AS tanpa kecuali. 

Mata uang dengan pelemahan terdalam adalah yen Jepang. Disusul oleh baht Thailand dan won Korea Selatan di posisi ketiga terbawah. 

Meski melemah 0,01%, rupiah (bersama dolar Hong Kong, dolar Taiwan, dan ringgit Malaysia) berhasil menjadi mata uang terbaik di Asia. Rupiah adalah yang terbaik dari yang terburuk.

Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 16:16 WIB: 

 


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading