Terhimpit Masalah, Peter Sondakh Tetap di List Terkaya Forbes

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
09 March 2019 09:47
Terhimpit Masalah, Peter Sondakh Tetap di List Terkaya Forbes
Jakarta, CNBC Indonesia - Pertengahan pekan ini Forbes kembali mengumumkan daftar orang terkaya di dunia atau Forbes World's Billionaires 2019.

Daftar itu mencatat bahwa jumlah miliuner dan asetnya kembali menyusut untuk tahun kedua dalam satu dekade terakhir. Namun orang-orang terkaya di dunia tidak kebal terhadap tekanan ekonomi dan melemahnya pasar saham, tulis Forbes dan dilansir Rabu (6/3/2019).

Dalam daftar tersebut tercatat para miliuner berasal dari berbagai belahan dunia dikumpulkan, termasuk Indonesia.

Ada 21 orang terkaya asala Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes tahun ini, salah satu miliuner asal Indonesia yang masuk ke daftar itu adalah Peter Sondakh, yang menduduki peringgkat 11 dengan kekayaan mencapai US$ 1,7 miliar (Rp 24 triliun).


Sondakh merupakan pendiri dan pimpinan Rajawali Corpora, sebuah perusahaan investasi yang didirikan pada 1984 yang portofolionya mencakup hotel, media, dan pertambangan.

Ia juga memiliki perusahaan transportasi taxi Express, namun saham Express saat ini sedang dihentikan perdagangannya oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) karena gagal membayar bunga obligasi. Aset lain yang dimiliki pria berusia 69 tahun itu termasuk hotel Four Seasons di Jakarta, penyedia layanan internet Velo Networks, dan jaringan TV Rajawali Televisi.

Selain itu, Peter Sondakh juga sedang menghadapi masalah setelah menjual saham  PT Eagle High Plantation Tbk (BWPT) kepada ederal Land Development Authority (Felda), perusahaan induk perkebunan milik Malaysia.

Pergantian pucuk kekuasaan di Malaysia dari Najib Razak ke Mahatir Mohomad menyisakan sejumlah persoalan terkait sengkarut bisnis dan politik yang dilakukan rezim lama.  Akusisi 37% saham BWPT dinilai bermasalah dan Felda berencana untuk mengakhiri kemitraan Rajawali Group.

Selain itu pemerintah Malaysia juga menuntut pengembalian lebih dari US$ 500 juta atau sekitar Rp 6,99 triliun dana yang digunakan untuk mengakuissi saham BWPT.

Beberapa fakta unik lainnya tentang Sondakh di antaranya adalah bahwa ia merupakan anak dari seorang pengusaha, yang mengekspor kayu dan minyak kelapa sejak Sondakh kecil.

Sebagai seorang Kristen yang taat, Sondakh dikenal suka membaca Alkitab setiap hari.

Sondakh yang juga sangat suka mengembangkan diri pernah membayar seorang profesor Psikologi Universitas George Washington untuk menilai kekuatan dan kelemahannya, selama ia berlibur di Amerika Serikat (AS).

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading