Kebut Bangun Kilang, Pertamina Bakal Dapat Insentif Tambahan?

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
07 March 2019 12:28
Kebut Bangun Kilang, Pertamina Bakal Dapat Insentif Tambahan?
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah tengah mengkaji pemberian insentif tambahan untuk PT Pertamina (Persero) dalam proyek pembangunan kilang, baik kilang baru (Grass Root Refinery) maupun pengembangan (Refinery Development Master Plan/RDMP).

Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto, mengatakan pihaknya sedang melakukan revisi Peraturan Presiden Nomor 146 Tahun 2015 tentang Pengembangan dan Pembangunan Kilang Minyak di Dalam Negeri. Urusan insentif tambahan tersebut, lanjut Djoko, dimungkinkan untuk masuk dalam revisi aturan tersebut.



"Kami sedang revisi Perpres 146, itu dari segi pemerintah ya. Ini makanya sedang dibahas, kalau masih ada peluang insentif yang diberikan ke Pertamina," kata Djoko ketika dijumpai di Jakarta, Rabu (6/3/2019).


Selain wacana pemberian insentif tambahan ke Pertamina, dalam revisi beleid tersebut pemerintah juga akan memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam pengadaan atau pembebasan lahan.

"Untuk kepentingan umum akan mudah (pembebasan/pengadaan lahan)," tambahnya.

Kendati demikian, ketika ditanya lebih lanjut insentif apa yang akan diberikan, Djoko mengatakan, dirinya masih belum tahu karena masih dalam pembahasan.

Adapun, Wakil Ketua Umum Komisi VII DPR RI Ridwan Hisjam juga meminta agar realisasi pembangunan kilang segera dilakukan. Pihaknya meminta, misalnya untuk RDMP kilang Bontang, ground breaking bisa dilakukan akhir Maret.

Kebut Bangun Kilang, Pertamina Bakal Dapat Insentif Tambahan?Foto: Infografis/6 proyek kilang menuju 2 juta barel sehari/Aristya Rahadian Krisabella


"Kemudian segera realisasi RDMP Kilang Bontang akhir Maret, minta Presiden Jokowi peletakan batu pertama awal April. Kemudian kilang Tuban, juga harus segera direalisasikan," pungkasnya.

Saksikan video tentang strategi Pertamina hingga 2021, termasuk pembangunan kilang-kilang ramah lingkungan di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading