Profil Hartono Bersaudara & 20 Orang Terkaya di Indonesia

News - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
06 March 2019 08:32
Jakarta, CNBC Indonesia - Forbes baru saja merilis orang terkaya di dunia atau Forbes World's Billionaires 2019. Sebanyak 21 orang asal Indonesia masuk dalam jajaran tersebut.

Hartono bersaudara, yakni R Budi Hartono dan Michael Hartono, masih menjadi orang terkaya di Indonesia menurut daftar itu. Bahkan, kedua taipan ini masuk peringkat 100 besar di dunia.



R Budi Hartono berada di peringkat 54 dunia dan menjadi yang terkaya se-Indonesia Raya sedangkan Michael Hartono berada di peringkat 56 dan menjadikannya orang terkaya kedua di Indonesia.


Dikutip dari Forbes, Rabu (6/3/2019), CNBC Indonesia merangkum secara lengkap profil 21 orang terkaya di Indonesia yang juga masuk jajaran orang terkaya di dunia.


1. R Budi Hartono: US$18,6 miliar
R Budi Hartono dan saudara kandungnya Michael Hartono (yang kekayaannya dipisahkan) adalah dua orang terkaya di Indonesia.

Kekayaan keduanya ditopang dari bisnis bank yakni PT Bank Central Asia TbkB (BCA) dan perusahaan rokok Djarum. Ia juga memiliki brand alat elektronik seperti Polytron, real estate di Jakarta, dan perusahaan gaming.


2. Michael Hartono: US$18,5 miliar
Michael Bambang Hartono merupakan orang terkaya kedua di Indonesia. Michael punya hobi bermain bridge dan mendapat medali perunggu di Asian Games kemarin 2018.

Michael Hartono, kekayaannya hampir sama dengan R Budi Hartono yakni berasal dari BCA dan Djarum.


3. Sri Prakash Lohia: US$7,3 miliar
Sri Prakash Lohia mendapatkan kekayaan dari perusahaannya yang memproduksi barang-barang polyester dan petrokimia. Pada tahun 1970, dia dan ayahnya pindah dari India ke Indonesia dan mendirikan Indorama setelahnya.

Lohia saat ini berada di London dan berstatus Chairman di perusahaan tersebut. Namun ia memberikan wewenang ke anaknya Amit untuk mengelola perusahaan sebagai Vice Chairman.

Profil Hartono Bersaudara & 20 Orang Terkaya di IndonesiaFoto: Ist


4. Tahir & Keluarga: US$4,5 miliar
Tahir, merupakan pendiri dari Mayapada Group. Perusahaannya bergerak di bidang perbankan sampai rumah sakit. Termasuk juga real estate.

Anaknya Grace, merupakan Presiden Komisaris Propertindo Mulia Investama yang telah listing di bursa sejak 2018 lalu. Tahir memiliki saham di Forbes Indonesia. Istrinya, Rosy merupakan puteri dari miliuner Mochtar Riady, pendiri Lippo.

Profil Hartono Bersaudara & 20 Orang Terkaya di IndonesiaFoto: Dato Sri Tahir (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)


5. Chairul Tanjung: US$3,7 miliar
Chairul Tanjung merupakan Chairman dari CT Corp. Ia memiliki perusahaan yang bergerak di bidang ritel, media televisi, online, hingga properti.



Berlanjut ke halaman berikutnya

(dru/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading