Nama JK & Agus Marto Ada di Lahan Prabowo yang Disoal Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 February 2019 08:58
Nama JK & Agus Marto Ada di Lahan Prabowo yang Disoal Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepemilikan ribuan hektare lahan di Kalimantan oleh calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dianggap tak menyalahgunakan aturan.

Adapun izin penggunaan lahan atas dasar Hak Guna Usaha (HGU) itu bahkan diteken oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika masih menjabat sebagai wakil presiden periode 2004-2009.

"Pak Prabowo memang menguasai. Tapi sesuai UU, sesuai aturan, apa yang salah? Kebetulan waktu itu saya yang kasih," kata JK di kantor Wapres, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Kepemilikan lahan Prabowo Subianto sempat disinggung calon presiden nomor urut 01 Joko WIdodo (Jokowi) dalam debat kedua di Jakarta, Ahad (17/2/2019).


Mantan Danjen Kopassus itu disebut memiliki lahan di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Aceh seluas masing-masing 220.000 hektare dan 120.000 hektare.

JK pun mengemukakan kronologi awal mula tanah tersebut jatuh ke tangan Prabowo. Awalnya, lahan tersebut berada di bawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Lahan tersebut, diakui JK, memang merupakan jaminan kredit yang macet di Bank Mandiri. Prabowo, sambung dia, kemudian menyambangi JK untuk kemungkinan untuk membeli lahan tersebut.

"Dia [Prabowo] mau beli. Saya tanya, you mau beli berapa? Beli harus cash tidak boleh utang. Siap dia [Prabowo] akan beli cash. Dia belilah itu," kata JK meniru percakapannya dengan Prabowo.

Sebelum lahan tersebut diakusisi, JK mengaku sempat menghubungi Agus Martowardojo yang pada saat itu masih menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri.

"Saya minta Agus Marto, untuk diberikan ke pribumi, agar enggak ke tangan Singapura. Ada orang Singapura mau beli. Pengusaha Singapura dan Malaysia," tegasnya.

"Jadi benar itu [dibeli Prabowo]. Daripada diambil asing. Tetapi itu aturan yang ada bayar cash. Pinjam dari mana saya tidak tahu, saya tidak izinkan kalau cash," katanya.

Prabowo membeli izin HGU Kalimantan seharga US$ 150 juta. Selain karena faktor tak ingin melepas izin tanah tersebut ke pihak asing, keputusan ini juga bertujuan mendukung ekspor.

"Tujuannya untuk ekspor. Jadi kita dukung untuk ekspor. Dia punya itu otomatis saja," kata Wapres

Keputusan ini, sambungnya, diambil tepat 2 minggu setelah JK dilantik sebagai wakil presiden.

Meskipun mengetahi secara detail kepemilikan lahan Prabowo di Kalimantan Timur, JK mengaku tak tahu banyak mengenai lahan milik Prabowo di Aceh.

"Saya tidak tau detailnya. Tapi kombatan itu punya perjanjian kebijakan, untuk mengambil lahan kombatan," jelasnya.


Prabowo Siap Kembalikan Lahan HGU
[Gambas:Video CNBC] (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading