Ridwan Kamil: 5 Tahun Mudah-mudahan Citarum Kembali Harum

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
19 February 2019 13:22
Demikian di sampaikan dalam rangkaian Citarum Expo 2019 di Gedung Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/02/2019).
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil optimistis tidak lama lagi Sungai Citarum, sungai terkotor di dunia menurut Bank Dunia, kembali harum. Demikian di sampaikan dalam rangkaian Citarum Expo 2019 di Gedung Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/02/2019).

"Tidak perlu 7 tahun sesuai target awal, kurang dari itu, 5 tahun mudah-mudahan Citarum akan kembali harum, dari yang paling kotor menjadi salah satu yang paling bersih," ucapnya.

Melalui ajang ini, dia menilai wajah warga Jabar yang sebenarnya bisa tersaji.


"Gotong royong adalah wajah kami sebenarnya. Semua ingin berkontribusi. Problemnya selama ini kurang ngobrol satu sama lain, semua bergerak masing-masing. Hari inilah insya Allah wajah sabilulungan, wajah gotong royong akan kami tunjukkan," ungkapnya.



Dikatakannya, masyarakat antusias berkontribusi dengan menyumbangkan harta, tenaga, ilmu, networking, dan sebagainya. Dalam waktu dekat, gerakan Citarum Harum juga akan punya kantor, berupa bangunan 5 lantai di Braga, Bandung.

"Ini akan dijadikan pusat komando. Di dalamnya ada command center. Canggih, pergerakan bisa dilihat. Ini adalah gong, siapa mengerjakan apa, di mana, anggaran berapa, enam bulan jadi apa, akhir tahun jadi apa. Semua akan jadi orkestra musik yang indah, harmoni dan membanggakan," tandasnya.

Ridwan Kamil: 5 Tahun Mudah-mudahan Citarum Kembali HarumFoto: Citarum Expo Bandung. (CNBC Indonesia / Choirul)


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Jabar, Eddy Iskandar Muda Nasution, menambahkan, Citarum Expo ini diselenggarakan untuk mengajak peran aktif masyarakat. Pihaknya ingin semua pihak lebih memahami permasalahan-permasalahan uang ada di Citarum.

"Agar tahu juga upaya-upaya serta rencana rencana ke depan untuk memulihkan Citarum. Sehingga semua pihak dapat mendapatkan gambaran menyeluruh. Diharapkan ada harmonisasi dan kolaborasi," urainya.

Dikatakan, pihaknya mengundang 830 instansi baik dari Kementerian/lembaga pemerintah daerah, tokoh masyarakat, pelaku industri, dan sebagainya. Hasil yang ingin dicapai ialah ada komitmen mendukung program Citarum Harum.

"Agar terakomodasinya seluruh stakeholder yang ingin berkontribusi, juga tersosialisasinya program Citarum Harum Juara," pungkasnya.

Simak video tanggapan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan terkait Sungai Citarum di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading