Kicauan 'Presiden Baru' Viral, Ini Penjelasan Zaky Bukalapak

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 February 2019 12:42
Kicauan 'Presiden Baru' Viral, Ini Penjelasan Zaky Bukalapak
Jakarta, CNBC Indonesia - Kicauan Pendiri dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky, lewat akun Twitter miliknya soal presiden baru dan perbandingan data anggaran riset penelitian dan pengembangan sempat viral.

Cuitan heboh Zaky sempat memicu tagar #uninstallbukalapak menjadi nomor 1 di jagat Twitter dan digunakan untuk menggelorakan gerakan menghapus aplikasi Bukalapak. Hal itu terjadi akibat cuitan Zaky saat membahas perbandingan dana riset soal industri 4.0 yang menempatkan Indonesia di posisi ke-43.

Dalam perkembangannya, muncul lagi tagar #uninstalljokowi di jagat Twitter. Apa penjelasan Zaky soal kicauannya yang menghebohkan itu, khususnya soal anggaran riset penelitian dan pengembangan (research and development/R&D)?


"Pemerintah saya kira sudah siapkan dana itu (R&D). Namun saya pikir semangatnya antara pemerintah dan kami pelaku industri sama-sama harus membangun riset. Poin tweet saya bukan hanya untuk negara tapi pelaku bisnis. Karena dana riset tak hanya untuk pemerintah. Namun di negara maju dana riset itu besar. Saya ajak pengusaha untuk bisa kerja sama dengan universitas dan pemerintah. Yuk sama-sama fokus di SDM," tutur Zaky usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Sabtu (16/2/2019).



Soal data R&D yang dipaparkan dalam Twitter, Zaky mengatakan, jangan dilihat angkanya, namun semangatnya.

"Saya anak muda pelaku industri fokus ke SDM yang berkualitas dengan riset dan teknologi. Karena perang ke depan bukan dengan manusia, tapi pinter-pinteran. Kalau nggak fokus di riset kita akan perang harga," tegas Zaky.

"Saya sudah klarifikasi (tweet). Waktu nge-tweet saya sudah tweet sebelumnya. Cuma di Twitter kalau sudah viral susah dikendalikan. Bahkan Pak Jokowi masuk tadi, saya sudah sampaikan. Permintaan maafnya itu," ujar Zaky.

Saksikan klarifikasi Bos Bukalapak soal kicauannya yang sempat bikin heboh di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]



(wed/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading