Lion Ikut Garuda Turunkan Tarif? Ini Jawaban Eksklusif Menhub

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
14 February 2019 10:14
Lion Ikut Garuda Turunkan Tarif? Ini Jawaban Eksklusif Menhub
Jakarta, CNBC Indonesia - Garuda Indonesia Group mengumumkan penurunan harga tiket di seluruh rute penerbangan sebesar 20% mulai hari ini, Kamis (14/2/2019). Langkah itu diapresiasi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Saya mengapresiasi apablia Garuda menurunkan tarif. Kesepakatan itu sendiri sudah disepakati oleh INACA [Indonesia National Air Carrier Association] untuk memberikan suatu harga yang dapat diterima," ujarnya dalam wawancara eksklusif di program Squawk Box CNBC Indonesia TV, Kamis.

Garuda Indonesia Group memiliki layanan full service Garuda Indonesia dan low cost carrier (LCC) Citilink Indonesia serta Sriwijaya Air-NAM Air Group. Penurunan tarif tiket pesawat ini merupakan tindak lanjut dari inisiasi awal INACA yang sebelumnya baru berlaku di beberapa rute penerbangan.


"Saya melihat bahwa bila Garuda melakukan penyesuaian tarif, sudah turun, mestinya diikuti penerbangan lain karena Garuda adalah penerbangan yang utama," kata BKS, sapaan akrabnya.


Tidak menutup kemungkinan pula Lion Air Group bakal mengambil langkah serupa. Apalagi, Garuda Indonesia saat ini sudah menjalin kerja sama operasional (KSO) dengan Sriwijaya Air. Menurut BKS, kondisi ini kian membuat Garuda menjadi market leader.

"Jadi kalau [Garuda] ada penurunan, pasti akan ada penurunan di penerbangan lain," katanya.

Meski begitu, dia belum mendapatkan informasi secara pasti dari Lion Air terkait kemungkinan menurunkan tarif penerbangannya. Namun yang jelas, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selalu membuka ruang untuk diskusi mengenai hal ini.

"Pada dasarnya semua harus didiskusikan secara seksama. Lion sebenarnya berniat juga memberikan tarif yang kompetitif. Dengan penurunan 20%, katakanlah tarif yang tadinya Rp 1,5 juta menjadi Rp 1,2 juta," urainya.

"Otomatis Batik Air yang tadinya Rp 1,4 juta akan turun ke Rp 1,1 juta. Otomatis Lion akan turun dengan suatu tarif yang lebih kompetitif. Saya harapkan Garuda memang secara konsisten melakukan kelas-kelas yang ada, agar tetap ada. [Namun tarifnya tetap] di atas ambang bawah, di bawah ambang atas," pungkasnya.


Simak tanggapan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi soal desakan penurunan tarif di maskapai lain
.
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading