Tambah Lagi, Ini Deretan Ruas Tol yang Akan Kelar di 2019

News - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
11 February 2019 13:46
Pembangunan jalan tol masih dikebut, ini deretan ruas tol baru yang akan selesai di 2019
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan ruas tol mana saja yang akan segera selesai di tahun ini, termasuk ruas tol yang sudah siap diresmikan dan bisa digunakan masyarakat.

Tol Pasuruan - Banyuwangi dan Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung - Palembang merupakan proyek tol yang akan segera selesai di tahun 2019 ini. Sementara Tol Bakauheuni - Terbanggi Besar dan Tol Pasuruan - Probolinggo sudah selesai dan siap diresmikan.




"Oh ya tadi Pasuruan - Banyuwangi itu harus selesai, kemudian Terbanggi Besar - Kayu Agung - Palembang, itu juga harus selesai, jadwalnya sih Bulan Juni sudah selesai. Yang Bakauheuni - Terbanggi Besar sudah selesai, mudah-mudahan bulan ini bisa diresmikan," jelas Basuki dalam PUPR 4.0 Expo, Senin (11/2/2019).

Namun, untuk Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) pembangunannya belum bisa selesai di tahun ini. Begitu juga dengan Tol Probolinggo - Banyuwangi yang baru bisa selesai di tahun 2020.

Terkait dengan Tol Bogor - Bandung via Cianjur yang sempat dibahas Presiden Joko Widodo, Basuki membenarkan adanya rencana pembangunan tersebut. Menurut Basuki, pembangunannya baru akan dimulai pada tahun 2020. Saat ini prosesnya pun masih dalam tahap penentuan lokasi, dan pertengahan tahun nanti baru memasuki tahap pembebasan lahan.

"Yang prioritas itu adalah Cigatas; Cilenti - Garut -Tasik. Kemudian nanti ke Cilacap. Nah ini yang Bogor juga mengikuti itu; Bogor - Cianjur - Bandung. Kita lagi penentuan lokasinya untuk yang Cigatas. Kemudian baru dari Bogor - Cianjur - Bandung," ujarnya.

Simak video tentang jalan panjang tol Trans Jawa di bawah ini: 
[Gambas:Video CNBC]



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading