Terungkap! Inilah Kecemasan yang Hantui Bos The Fed

News - Rehia Indrayanti Beru Sebayang, CNBC Indonesia
07 February 2019 10:41
Terungkap! Inilah Kecemasan yang Hantui Bos The Fed
Washington DC, CNBC Indonesia - Produktivitas yang lamban dan tingkat kesenjangan kekayaan yang melebar adalah tantangan terbesar yang dihadapi Amerika Serikat (AS) selama dekade berikutnya. Demikian kata Gubernur Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell, Rabu (6/2/2019).

Berbicara di sebuah balai kota di Washington DC, bos bank sentral AS itu mengatakan ketakutan ekonomi terbesar baginya ada di luar ruang lingkup the Fed. Secara khusus, ia mengimbau agar pemerintah melahirkan kebijakan yang lebih agresif untuk mengatasi ketimpangan pendapatan.

Terungkap! Inilah Kecemasan yang Hantui Bos The FedFoto: Gubernur bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve, Jerome Powell (AP Photo/Alex Brandon)



Upah di tingkat menengah dan bawah telah "tumbuh jauh lebih lambat" dari pada level yang lebih tinggi, katanya, mengutip CNBC International.

"Kami ingin kesejahteraan merata secara luas. Kami memerlukan kebijakan untuk mewujudkannya," tambah Powell.

Bagi Powell, forum itu adalah kesempatan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang lebih ringan, di mana Powell menceritakan ia suka menghabiskan waktu senggangnya untuk bermain gitar dan mengendarai sepedanya. Tetapi mengatakan bisa menjadi serius ketika menangani masalah masa depan.



Powell menekankan pentingnya meningkatkan partisipasi angkatan kerja dan meningkatkan mobilitas di antara kelas-kelas pendapatan, yang menurutnya merupakan area di mana AS telah tertinggal dalam beberapa tahun terakhir.

"Itu bukan citra diri kita sebagai sebuah negara, juga bukan tujuan kita," katanya.

"Ada kebijakan yang perlu kita lakukan untuk memastikan setiap orang mendapatkan sesuatu yang akan mengubah mobilitasnya, meningkatkan peluang orang dan memungkinkan orang untuk mengambil bagian dalam masa depan tenaga kerja," tambah Powell.
Simak video terkait penjelasan Gubernur The Fed Jerome Powell di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading