Selamat Imlek 2019! Simak Pesan-pesan dari Presiden Jokowi

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
05 February 2019 16:32
Selamat Imlek 2019! Simak Pesan-pesan dari Presiden Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo tak ketinggalan memaknaiĀ perayaan Tahun Baru China atau Imlek yang jatuh pada Selasa (5/2/2019).

Melalui akun resmi Instagram-nya, Jokowi menyampaikan ucapan selamat bagi mereka yang merayakan pergantian tahun kalender bulan tersebut.



"Selamat Tahun Baru Imlek 2570 bagi yang merayakan. Semoga di tahun baru ini, persaudaraan kita menjadi lebih erat, penuh sukacita, berlimpah cinta dan kedamaian," tulis sang presiden dalam postingan yang diunggah Selasa pagi.


Ucapan tersebut menyertai gambar karikatur dirinya yang sedang menyentuh barongsai sambil berucap " Gong xi fa cai". Unggahan tersebut bernuansa merah dan emas khas Imlek.

Selamat Imlek! Simak Pesan-pesan dari Presiden JokowiFoto: Ucapan Selamat Imlek 2019 dari Presiden Jokowi (Foto: Instagram @jokowi)

Situs Sekretariat Kabinet menyebutkan bahwa penyelenggaraan kegiatan keagamaan, kepercayaan, dan adat istiadat China, menurut Diktum Ketiga Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2000, dilaksanakan tanpa memerlukan izin khusus sebagaimana berlangsung selama ini.

"Penyelenggaraan kegiatan agama, kepercayaan, dan adat istiadat, pada hakikatnya merupakan bagian tidak terpisahkan dari hak asasi manusia," bunyi klausul menimbang dalam Keppres yang ditandatangani Presiden ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid, pada tanggal 17 Januari 2000.



Peringatan Imlek atau Tahun Baru China kemudian ditetapkan Presiden Abdurrahman Wahid sebagai hari libur melalui Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2001, tanggal 9 April 2001.

Kemudian, di era Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, Imlek ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional tahun 2002, dan berlaku mulai tahun 2003 sampai sekarang, tulis Sekretariat Kabinet.


Simak video Presiden China Xi Jinping yang beri kejutan bagi warganya di peringatan Imlek berikut ini.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading