Ini Langkah RI Kejar Produksi 1 Juta Barel Minyak/Hari 2022

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
01 February 2019 14:20
Ini Langkah RI Kejar Produksi 1 Juta Barel Minyak/Hari 2022
Jakarta, CNBC Indonesia- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan, pada 2022 mendatang, produksi minyak nasional mencapai satu juta barel per hari (BOPD).

Mungkinkah hal tersebut terwujud?

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menuturkan, saat ini pihaknya tengah mengevaluasi langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mewujudkan target tersebut.


Baca: RI Target Produksi Minyak 1 Juta Barel/Hari di 2022

"Lagi kami evaluasi langkah-langkahnya, ya harus optimistis bisa tercapai," ujar Arcandra, di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Lebih lanjut, ia mengatakan, apalagi Indonesia sudah memiliki dana eksplorasi dari Komitmen Kerja Pasti (KKP). Dana ini diharapkan dapat membantu meningkatkan produksi tersebut.

Sebelumnya, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Wisnu Prabawa Taher menuturkan, kunci untuk mencapai target tersebut adalah dengan gencar eksplorasi dan teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR).



"Kuncinya pada eksplorasi dan EOR," ujar Wisnu kepada CNBC Indonesia saat dihubungi Jumat (1/2/2019).

Selain itu, SKK Migas mencatat, bakal ada 13 proyek migas yang akan rencananya akan beroperasi pada tahun ini. Proyek ini dapat menunjang produksi minyak, misalnya Proyek Full Well Stream Kedung Keris dengan produksi 3.800 bph oleh Exxon Mobil Cepu Ltd.

Sehingga total estimasi produksi dari 13 proyek tersebut yakni 240 ribu boepd, dengan rincian produksi gas 1.300 mmscfd dan minyak 8.600 bph. Ada juga sumbangan produksi dari blok Rokan. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading