Tarif Bagasi Citilink Mulai Rp 9.000 per Kg

News - Muhammad Choirul, CNBC Indonesia
28 January 2019 19:42
Citilink Indonesia mulai menerapkan bagasi berbayar untuk penerbangan domestik pada 8 Februari 2019 mendatang.
Jakarta, CNBC Indonesia - Citilink Indonesia mulai menerapkan bagasi berbayar untuk penerbangan domestik pada 8 Februari 2019 mendatang. Adapun tarif yang dikenakan bervariasi, mulai Rp 9.000 per Kg.

Direktur Niaga Citilink Indonesia Benny Rustanto mengatakan tarif bagasi juga tergantung pada waktu tempuh tiap penerbangan. Nominal Rp 9.000 per Kg, lanjut dia, khusus untuk penerbangan yang memerlukan waktu tempuh di bawah 1 jam.

"Nanti ada beberapa paket, ada paket 5 Kg, 10 Kg, 15 Kg, dan 20 Kg. Lebih mudah kalau beli paket yang kita sediakan," katanya di Jakarta, Senin (28/1/2019).


Terkait tarif paket tersebut, dia tidak merinci lebih lanjut, hanya saja dikatakan biaya termahal sekitar Rp 35.000 per Kg. Sejalan dengan itu, pembelian paket dapat dilakukan 4 jam sebelum keberangkatan melalui website resmi Citilink, dengan harga yang lebih terjangkau dengan potongan harga sampai dengan 40%.

Tarif Bagasi Citilink Mulai Rp 9.000 per KgFoto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto


"Bagi penumpang yang tiba-tiba membutuhkan lebih, bagasinya bisa beli di check in counter," urainya.

Di sisi lain, khusus penumpang Citilink Indonesia rute internasional serta penumpang yang telah menjadi member Supergreen dan Garudamiles atau penumpang yang membeli 'Green Seat' akan tetap mendapatkan gratis bagasi 10 Kg.

Sedangkan bagi member Citilink Citisport akan mendapatkan gratis 20 Kg untuk perlengkapan olah raga (sports equipment) dan gratis tambahan 10 Kg untuk bagasi tercatat.

Berdasarkan pengalaman, menurutnya selama ini rata-rata penumpang Citilink hanya membawa 7-11 Kg setiap terbang. "Itu kalau low season. Sehingga kalaupun dikenakan biaya bagasi, kita kembalikan saja ke asal mula maskapai berbiaya hemat. Kalau high season beda ya. Karena penumpang bisa bawa oleh-oleh. Dan itu kan khusus saja waktunya seperti lebaran," tandasnya.


Artikel Selanjutnya

Diambil Alih Garuda, Sriwijaya Alami Kesulitan Finansial?


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading