Eka Tjipta Widjaja, Penjual Biskuit & Sukses Jadi Konglomerat

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
27 January 2019 13:32
Eka Tjipta Widjaja, Penjual Biskuit & Sukses Jadi Konglomerat
Jakarta, CNBC Indonesia - Eka Tjipta Widjaja tutup usia pada Sabtu (26/1/2019), pukul 19.43 WIB pada usia 98 tahun. Kepergian bos Sinar Mas itu meninggalkan kisah sukses yang tersaji lewat perjalanan hidupnya.

Eka Tjipta Widjaja lahir pada 27 Februari 1921 di Quanzhou, China dengan nama Oei Ek Tjhong. Di Negeri Tirai Bambu itu, Oei Ek Tjhong kecil menghabiskan 9 tahun di kampung halaman, sebelum memutuskan berkelana ke Indonesia pada 1932.

Saat itu, dia bersama dengan ibunya bermigrasi ke Makassar menyusul ayahnya yang sudah terlebih dahulu sampai di sana. Di Indonesia, Eka Tjipta Widjaja mulai bergeliat pada dunia usaha sejak usia belia.

Saat masih bocah 15 tahun, dia sudah berwirausaha menjajakan biskuit dan permen. Tanpa segan, dia berjualan dengan cara mengendarai sepeda di penjuru kota Makassar, Sulawesi Selatan.


Eka Tjipta Widjaja hanya lulusan sekolah dasar, namun justru hal itu yang menjadi pelecut semangat usahanya. Alhasil, di usia matangnya dia menjadi sosok berpengaruh di Indonesia.

Berkat tangan dinginnya jualah Eka sukses menjadi salah satu konglomerat dan orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan ditaksir mencapai US$ 8,6 miliar atau sekitar Rp 120,96 triliun yang dihitung oleh Forbes beberapa waktu lalu.

Kini sebagai sebuah brand, Sinar Mas menaungi sejumlah perusahaan dengan nilai korporasi dan sejarah yang sama, namun masing-masing dari mereka independen dengan manajemen tersendiri. Perusahaan tadi, bergerak di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, pengembang dan real estat, jasa keuangan, telekomunikasi dan data, serta energi dan infrastruktur. Belakangan, Sinar Mas juga memasuki pula ranah bisnis digital ventures.

Managing Director PT Sinarmas, Gandi Sulistiyanto, sempat mencicipi tempaan tangan dingin Eka Tjipta Widjaja dalam berbisnis. Dia mengaku mendapat banyak pelajaran berharga.

"Beliau itu orangnya sangat humble, rendah hati, sesuai dengan ideologi beliau menyebarkan ajaran bahwa orang harus peduli terhadap lingkungan dan masyarakat baik orang orang terdekat maupun di sekeliling. Maka itu ditularkan dalam enam filosofi Sinar Mas," ucapnya.

Dia menyebut, nilai-nilai luhur Sinar Mas meliputi Integritas, Sikap Positif, Berkomitmen, Perbaikan Berkelanjutan, Inovatif dan Loyal. Enam poin tersebut merupakan metamorfosis dari sikap hidup seorang Eka Tjipta Widjaja. Sebuah warisan sekaligus wasiat bagi para penerusnya kini hingga masa depan kelak.

(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading