Antisipasi Gudang Penuh, Buwas Mau Ekspor Beras Hasil Panen

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
22 January 2019 - 17:43
Antisipasi Gudang Penuh, Buwas Mau Ekspor Beras Hasil Panen
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengungkapkan rencana Bulog untuk mengekspor sebagian beras hasil panen raya di periode akhir April mendatang.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penuhnya stok di gudang Bulog. Hingga saat ini, cadangan beras pemerintah (CBP) sudah mencapai 2,1 juta ton. Adapun kapasitas tampung gudang Bulog secara nasional sekitar 3,6 juta ton beras.

"Jadi sulit menyerap lebih banyak lagi. Jadi yang panen yang akan diekspor," jelas Buwas, sapaan akrab Budi Waseso, usai rapat koordinasi di kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (22/1/2019).

Adapun Buwas mengaku sudah mengomunikasikan hal ini kepada beberapa negara Asia yang berpotensi menjadi importir beras RI. Namun, dia belum mau menjelaskannya lebih lanjut.


"Ini kita baru rapat permulaan. Intinya kita antisipasi panen raya akan menghasilkan jumlah cukup besar, sedangkan kita tidak mampu menyerap keseluruhan. Jangan sampai petani dirugikan karena harga anjlok akibat tak terserap," ujar Buwas.
Antisipasi Gudang Penuh, Buwas Mau Ekspor Beras Hasil PanenFoto: Infografis/Infografis Indonesia, Negeri Agraris yang Doyan Impor Beras/Aristya Rahadian Krisabella

Saat dikonfirmasi terpisah perihal rencana Bulog, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan hanya memberikan tanggapan singkat kepada wartawan.

"Enggak tahu, enggak tahu," kata Oke.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading