Bulog Minta Masyarakat Tenang: Beras Aman Hingga Akhir Tahun

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
18 March 2020 10:53
Perum Bulog memastikan ketersediaan beras hingga akhir tahun nanti tetap aman.
Jakarta, CNBC IndonesiaPerum Bulog memastikan ketersediaan beras hingga akhir tahun nanti tetap aman. Saat ini Bulog masih memiliki stok beras sebanyak 1,5 juta ton, dan dalam dua bulan ini masih menantikan panen raya dengan ekspektasi tambahan stok beras sebanyak 1,2 juta ton lagi.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog, Tri Wahyudi Saleh, mengimbau masyarakat tak perlu panik mengenai pemenuhan beras hingga akhir tahun ini. Sebab saat ini stok yang dimiliki Bulog dinilai cukup untuk meng-cover seluruh wilayah di Indonesia.

"Tidak hanya dua bulan, sampai puasa sampai lebaran pun kami yakinkan aman. Apalagi sampai akhir tahun kalau kami bisa menyerap di bulan Maret-April nanti saya yakinkan stok Bulog aman," kata Tri di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Rabu (18/3/2020).


Dia menyebutkan, pemenuhan kebutuhan beras tahun ini masih bisa didapatkan dari dalam negeri, sehingga tak membutuhkan impor. "Nggak, nggak perlu impor. Saat ini kita masih cukup," tegasnya.

Sementara itu, dalam kondisi banyaknya masyarakat yang panic buying akibat penyebaran virus corona (COVID-19) ini, Bulog memastikan harga-harga pangan termasuk beras tetap terjaga. Harga jual beras pun dipastikan dengan harga yang normal, baik untuk jenis medium maupun untuk premium.

"Kami yakinkan ke masyarakat, Bulog cukup di Indonesia itu 1,5 juta ton dan kami akan segera serap hasil panen itu di akhir Maret dan April, kami punya target 1,2 juta ton. Jadi saya yakinkan bahwa stok untuk beras sangat aman jadi masyarakat nggak perlu panik dan yakinkan stok di seluruh Indonesia ready sampai ke wilayah luar pulau, termasuk di Wamena, Bendak Jaya siap semua," tegasnya.
(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading