Tahun Politik, Jokowi Bangun Tol Trans Jawa Sisi Selatan

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
22 January 2019 16:12
Memasuki 2019, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) tidak mengendorkan geliat pembangunan infrastruktur.
Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki 2019, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) tidak mengendorkan geliat pembangunan infrastruktur. Setelah sukses menyambungkan Jakarta-Surabaya via Tol Trans Jawa, kini pulau Jawa bagian selatan menjadi lahan pengadaan tol.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, menyebut pihaknya bakal membangun Tol Trans Jawa sisi Selatan. "Seperti yang sudah dicanangkan pak presiden (Presiden Joko Widodo)," kata Basuki di sela acara Indonesia Development & Business Summit New Construction Opportunity 2019 Beyond Infrastructures di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (22/1/2019).




Saat ini, Kementerian PUPR sedang menggodok penentuan lokasi (penlok) proyek tersebut. "Kita sambil mengusulkan penloknya, juga persiapan untuk tender," lanjutnya.

Ruas pertama yang menjadi prioritas adalah Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas). Basuki menyebut, ruas ini memiliki panjang sekitar 80 km membentang di Pulau Jawa bagian selatan.

Nantinya, dari Tasikmalaya ruas tol akan tersambung ke arah Cilacap dan Yogyakarta. Selanjutnya, ruas tol berlanjut ke Solo dan mengikuti tol eksisting yang sudah tersedia hingga ke area Jawa Timur.
Tahun Politik, Jokowi Bangun Tol Trans Jawa Sisi SelatanFoto: Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono di Acara Indonesia Development and Business Summit (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Pembangunan Tol Trans Jawa sisi selatan ini tidak lepas dari upaya pemerataan pertumbuhan ekonomi di daerah. Sejalan dengan itu, Basuki menilai perlu adanya peningkatan kapasitas infrastruktur jalan tol.

"Saya ingin meningkatkan kapasitas dan pemerataan pembangunan. Tol Purbaleunyi [Purwakarta-Cileunyi] itu tidak sampai lima tahun sudah macet. Jadi kita mau bikin Trans Jawa Selatan. Tol Trans Jawa yang sekarang antara Surabaya-Solo, antara Ngawi dan Nganjuk sudah masuk proposal-proposal kawasan industri di sekitarnya," katanya.

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading