AS & Korea Utara Siapkan Pertemuan Kedua Trump-Kim Jong Un

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
18 January 2019 17:05
AS & Korea Utara Siapkan Pertemuan Kedua Trump-Kim Jong Un
Washington, CNBC Indonesia - Pejabat tinggi Korea Utara (Korut) dalam diplomasi nuklir dengan Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan juga bertemu Presiden AS Donald Trump pada Jumat (18/1/2019) waktu setempat.

Agenda itu akan dilakukan dalam kunjungan yang bertujuan untuk memuluskan pertemuan tingkat tinggi kedua antara AS dan Korut.



Kim Yong Chol tiba di Washington, Kamis malam, dalam kunjungan pertamanya sejak hadir di kota itu pada Juni lalu saat mempersiapkan pertemuan bersejarah Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura. Sejak saat itu, upaya denuklirisasi Korea Utara tampak macet.


Kim Yong Chol yang merupakan mantan kepala organisasi intelijen garis keras akan bertemu Pompeo hari Jumat saat ia juga dapat menemui Trump di Gedung Putih, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut, dilansir dari Reuters.

AS & Korea Utara Siapkan Pertemuan Kedua Trump-Kim Jong UnFoto: Pejabat senior Korea Utara Kim Yong Chol tiba di bandara internasional saat ia berangkat ke Washington dari Beijing, Cina (17/1). (REUTERS / Jason Lee)

Kunjungan ini menjadi potensi langkah baru dalam proses diplomasi yang telah mandek selama beberapa bulan dan dapat menghasilkan pengumuman rencana pertemuan tingkat tinggi lanjutan.



Pompeo sebelumnya direncanakan akan bertemu Kim Yong Chol untuk membicarakan pertemuan kedua November lalu. Namun, rencana itu dibatalkan di saat-saat terakhir.

Kim Jong Un dalam pidato tahun barunya awal bulan ini mengatakan bersedia bertemu Trump kapan saja.


(prm/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading