Internasional

Sinyal Positif, Perundingan Damai Dagang AS-China Berlanjut!

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
17 January 2019 15:47
Sinyal Positif, Perundingan Damai Dagang AS-China Berlanjut!
Jakarta, CNBC Indonesia - Negosiator perdagangan penting China akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat (AS) akhir bulan ini untuk melanjutkan pembicaraan dagang di antara kedua negara, kata kementerian perdagangan, Kamis (17/1/2019).

Kunjungan itu direncanakan jelang tenggat waktu negosiasi di Maret demi menghindari kenaikan bea impor lanjutan yang akan semakin memukul kedua negara.



Wakil Perdana Menteri Liu He akan mengunjungi Washington pada 30-31 Januari mendatang untuk melakukan perundingan, kata kementerian. Pertemuan itu akan menindaklanjuti pembicaraan di level wakil menteri yang berlangsung di Beijing awal bulan ini, dilansir dari AFP.


Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di Desember lalu sepakat untuk melakukan gencatan senjata perdagangan selama tiga bulan. Keputusan tersebut menunda rencana AS menaikkan bea masuk bagi miliaran dolar barang-barang China,dan memberi ruang negosiator menemukan solusi.

Liu dan pejabat AS akan "mengadakan perundingan tentang masalah ekonomi dan perdagangan, juga bekerja bersama mendorong dan mengimplementasikan konsensus" yang dicapai oleh Xi dan Trump, kata juru bicara kementerian Gao Feng kepada wartawan.



Negosiator senior China akan melakukan perjalanan atas undangan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, kata Gao.

Bila kesepakatan tidak tercapai, besaran bea masuk AS terhadap barang-barang China senilai US$200 miliar akan naik menjadi 25% dari 10% pada 2 Maret.




(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading