JK Sebut Dunia Penuh Konflik dan Ketidakpastian

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
17 January 2019 15:20
JK Sebut Dunia Penuh Konflik dan Ketidakpastian
Jakarta, CNBC IndonesiaWakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyampaikan sambutan dalam acara bertajuk Indonesia and The World: Future Trajectory, Opportunity and Challenges di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Dalam kesempatan itu, JK menceritakan kondisi politik luar negeri dan dalam negeri.

Di dalam negeri, Indonesia bersiap menyambut Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden 17 April 2019. "Inilah suatu peristiwa demokrasi, kita bersyukur terjadi di Indonesia," ujar JK.

Menurut dia, di sejumlah negara, selain penghitungan suara, pemilu juga diwarnai jatuhnya korban jiwa. Hal itu menandakan Indonesia telah dewasa dalam merespons pesta demokrasi.




Di luar negeri, JK menyebut situasinya penuh konflik dan perbedaan pandangan sehingga membuat melahirkan ketidakpastian. Mulai dari perang dagang antara AS dan China, Brexit, dan perang di Timur Tengah. "Kita bersyukur di Asia Tenggara, walau ada konflik internal dalam skala yang dapat kita selesaikan," kata JK.

Politikus senior Golkar ini kembali menekankan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif. Hal itu berdampak kepada terjaganya perdamaian dunia. "Memang tidak mudah dalam ketidakpastian seperti ini, tapi di dalam ketidakpastian ada yang pasti," ujar JK.


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading