Percaya Nggak? 1 Dari 5 Barang Impor RI Berasal Dari China

News - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
08 January 2019 18:51
Percaya Nggak? 1 Dari 5 Barang Impor RI Berasal Dari China
Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah bukan rahasia lagi kalau China merupakan negara yang memiliki tingkat produksi manufaktur terbesar di dunia.

Bahkan bukti-buktinya dapat dilihat dengan mata telanjang. Produk-produk dengan label 'Made in China' sangat mudah ditemui pada berbagai jenis barang yang beredar, tak terkecuali di Indonesia.

Bagaimana tidak, sepanjang tahun 2017, berdasarkan data dari UN Comtrade, Indonesia melakukan impor barang dari China senilai US$34,52 miliar. Ini artinya 22% atau 1 per 5 barang impor yang beredar di Indonesia berasal dari China. Sebagai informasi, pada tahun tersebut total nilai impor Indonesia mencapai US$ 156,89 miliar.


Barang yang paling banyak diimpor Indonesia dari China adalah kategori barang mesin elektrik, peralatan elektronik dan turunannya (HS85), mencapai US$ 7,2 miliar, yang disusul oleh kategori barang reaktor nuklir, pemanas, mesin, dan alat mekanik (HS84) yang sebesar US$ 7,032 miliar.

Namun, Indonesia bukan satu-satunya negara yang banyak mengimpor barang dari China. Hampir seluruh dunia menjadi mitra dagang dengan China. Amerika Serikat (AS) menjadi rekan terbesar perdagangan China.

Tercatat sepanjang 2017, total nilai impor AS dari China mencapai US$ 526 miliar, atau 15 kali lipat nilai impor Indonesia dari China. Hong Kong menjadi peringkat 2 dengan total nilai impor dari China sebesar US$ 262,5 miliar. Jepang tak mau ketinggalan mengekor di posisi ke tiga dengan nilai $164 miliar.



Menariknya, 3 negara pengimpor barang terbesar dari China tersebut paling banyak mengimpor barang dengan kateori yang sama. Brang dengan kategori HS85 dan HS84 merupakan barang yang paling banyak diimpor dari China.

Tak heran bila barang-barang yang dekat dengan konsumen tertempel cap 'buatan China', karena sebagian besar impor dari China adalah barang jadi dan setengah jadi. Artinya sudah ada proses pengolahan yang dilakukan di negeri tirai bambu. Hal ini dapat terwujud karena kapasitas manufaktur China yang tinggi.
TIM RISET CNBC INDONESIA



(taa/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading