Janji Jokowi: Bangun Rumah Buat Pengungsi Tsunami Selat Sunda

News - Wanti Puspa Gustiningsih, CNBC Indonesia
02 January 2019 17:13
Janji Jokowi: Bangun Rumah Buat Pengungsi Tsunami Selat Sunda
Lampung Selatan, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali tahun 2019 dengan mengunjungi pengungsi korban bencana Tsunami Selat Sunda di Lampung. Daerah yang menjadi tujuan Jokowi adalah Desa Kunjir dan Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.


Seperti dilansir oleh CNBC Indonesia, melalui akun instagram pribadi @jokowi, Rabu (2/1/2019), dampak tsunami pada Sabtu malam 22 Desember 2018 lalu juga banyak meluluh lantahkan bangunan di Lampung Selatan.

Banyak bangunan yang rubuh diterjang air laut. Kerusakan yang terjadi di Lampung Selatan juga sama seperti di pesisir Banten. Untuk menangani kerusakan tersebut, Jokowi telah memberikan perintah kepada pihak-pihak terkait.


Janji Jokowi: Bangun Rumah Buat Pengungsi Tsunami Selat SundaFoto: Awali 2019, Jokowi kunjungi korban bencana tsunami Selat Sunda di Lampung (screenshoot instagram @jokowi)


"Saya telah memerintahkan kepada jajaran pemerintah, bupati Lampung Selatan, gubernur Lampung, menteri PUPR, dan ke BNPB agar penanganan pascabencana ini dilakukan sebaik-baiknya, setelah proses evakuasi selesai," tulis Jokowi.


Bukan lagi hunian sementara, Jokowi akan membangun rumah-rumah di kawasan relokasi sekitar 400 meter dari lokasi yang rawan tsunami.

"Di sini tak akan ada hunian sementara lagi. Kita akan langsung masuk ke tahap rekonstruksi dan pembangunan rumah-rumah di kawasan relokasi kira-kira 400 meter dari lokasi yang rawan tsunami" diakhir tulisan.

Hingga berita ini ditulis, unggahan Jokowi mendapatkan 96 ribu lebih penyuka dan beragam komentar positif dari warganet.

Sampai dengan H+11 bencana Tsunami Selat Sunda, jumlah korban jiwa sudah mencapai 437 orang. BNPB juga melaporkan sebanyak 14.075 orang mengalami luka-luka. Sementara 10 orang dinyatakan masih hilang. Kemudian 36.923 orang masih mengungsi.

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading