Gunung Agung Meletus, Ini Peringatan untuk Wisatawan di Bali

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
30 December 2018 19:05
Gunung Agung Meletus, Ini Peringatan untuk Wisatawan di Bali
Jakarta, CNBC Indonesia - Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, meletus pada Ahad (30/12/2018) pagi. Peristiwa ini berlangsung berbarengan dengan momentum libur Natal dan tahun baru 2018-2019.

Karena itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan peringatan bagi para wisatawan. "Warga di dekat Gunung Agung serta pendaki dan wisatawan tidak boleh melakukan aktivitas apa pun di zona bahaya atau dalam radius 4 km dari kawah," kata PVMBG melalui keterangannya, dikutip CNBC Indonesia, dari AFP.

Gunung Agung Meletus, Ini Peringatan untuk Wisatawan di BaliFoto: REUTERS/Johannes P. Christo



Dalam keterangan itu, dijelaskan Gunung Agung menyemburkan abu tinggi ke udara dan di atas desa-desa terdekat. Gunung ini sendiri berjarak sekitar 70 km (44 mil) dari pusat wisata Kuta.

Dalam letusan kali ini, beberapa desa di Bali tertutup lapisan abu tipis. Akan tetapi tidak ada asap atau lava yang terdeteksi berasal dari kawah. Sejauh ini juga belum ada perintah untuk evakuasi warga.

Meski begitu, terdapat peringatan bagi warga yang tinggal di dekat sungai. Warga diminta waspada terhadap aliran lahar dingin, sejenis aliran lumpur yang dapat terbentuk dari batu dan abu di musim hujan, yang kerap kali mendahului aliran lava pijar.

AFP mencatat, Gunung Agung telah meletus secara berkala sejak kembali aktif bergemuruh pada 2017. Kala itu, 120 ribu pengunjung terdampak akibat terganggunya penerbangan.

Selain itu, pada Juni, lusinan penerbangan dibatalkan setelah Gunung Agung meletus dan melontarkan asap serta abu setinggi lebih dari 1.000 meter ke langit. Letusan terhebat terakhir terjadi pada 1963, menewaskan sekitar 1.600 orang.

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading