Efek Perang Dagang, Bos Citi: China Pindahkan Investasi ke RI

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
14 December 2018 20:44
Efek Perang Dagang, Bos Citi: China Pindahkan Investasi ke RI
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Citibank Indonesia Batara Sianturi menyebut perang dagang antara Amerika Serikat (AS) kontra China bisa berdampak positif bagi Indonesia. Ini tak lepas dari sejumlah kebijakan berupa penaikan bea masuk yang dikenakan AS terhadap China.

"Kita mesti melihat kadang-kadang pengaruhnya dapat berdampak positif pada Indonesia di mana Indonesia dapat menjadi tempat destinasi investasi bagi ekosistem China," kata Batara di sela ajang Citi Alumni Network Tahun 2018, Jakarta, Jumat (14/12/2018).




Ucapan Bos Citi Indonesia itu belakangan juga telah terbukti melalui sejumlah gejala. Belum lama ini, perusahaan perakit smartphone iPhone asal Taiwan, Pegatron, memutuskan memindahkan pabrik dari China ke Indonesia.

Faktor utama adalah perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Namun untuk Indonesia, pabrik yang dipindahkan adalah untuk produk non-iPhone.



"Kalau opportunity, dengan trade war (perang dagang), China misalnya, mereka akan memindahkan beberapa ekosistem apakah ke India, Vietnam, dan mudah-mudahan ke Indonesia," ujar Batara.

Foto: Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan (tengah) saat menerima penghargaan dalam acara Citi Distinguished Alumni Award untuk katagori "Leadership & Ingenuity" di Jakarta, Jumat (14/12/2018). (Muhammad Choirul Anwar/CNBC Indonesia)


Penganugerahan Citi
Sementara itu, Citi Alumni Network Tahun 2018 sendiri diisi dengan acara peluncuran buku "50th Anniversary Citi Indonesia". Selain itu ada penganugerahan Citi Distinguished Alumni Award untuk katagori "Leadership & Ingenuity", yaitu mantan menteri perdagangan Gita Wirjawan.

"Tahun ini, hanya ada 19 Citi Distinguished Alumni Award yang diberikan di seluruh dunia, salah satu penerima adalah Gita Wirjawan. Harapannya bahwa ini menunjukkan bankir-bankir mantan Citibank, mampu memberikan banyak kontribusi berbagai sektor," kata Batara.
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading