Kereta Bandara Soetta dan Rel Layang Ada di Stasiun Manggarai

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
13 December 2018 13:34
Kereta Bandara Soetta dan Rel Layang Ada di Stasiun Manggarai
Jakarta, CNBC Indonesia - Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan mulai melayani penumpang dari Stasiun Manggarai pada tahun depan.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, mengatakan kebijakan itu guna mendorong tingkat okupansi kereta bandara.

"2019 kereta bandara akan mulai operasi dari Manggarai untuk meningkatkan okupansi," ujarnya dalam Paparan Kinerja Kementerian Perhubungan 2018 hari ini, Kamis (13/12/2018).


Sejalan dengan itu, lanjutnya, Kemenhub juga akan membangun jalur layang kereta api guna memperlancar operasional kereta komuter tujuan Bogor dan Bekasi.
"Di Manggarai ada double track elevated, jadi Bogor Line akan terpisah. Bogor di atas, Bekasi di bawah, sehingga tidak terjadi antrian," kata Zulfikri.

Sebelumnya diberitakan, di Jakarta juga akan dibangun proyek kereta layang atau elevated loop line di Jakarta oleh konsorsium Adhi Karya, Wijaya Karya, dan Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan nilai investasi hingga sekitar Rp 16 triliun.

Direktur Operasi II PT Adhi Karya Pundjung Setya Brata mengatakan kereta layang ini memiliki rute Manggarai - Tanah Abang - Duri - Kampung Bandan - Kemayoran.

"Jadi ada beberapa stasiun yang merupakaan hub KRL, misalnya dari Bekasi kan ke Jatinegara atau Manggarai, kalau Bogor ke Manggarai, Bintaro kan ke Tanah Abang, Tangerang ke Duri. Itu kan jalur dari luar Jakarta ke Jakarta, loop line ini jalur yang akan menghubungkan stasiun utama tersebut di Jakarta," jelasnya saat dihubungi CNBC Indonesia, Rabu (16/05/2018).

Kereta Bandara Soetta dan Rel Layang Ada di Stasiun ManggaraiFoto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto
(ray/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading