Waduh, Pertamax Cs Baru Turun Harga Januari 2019

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
11 December 2018 18:08
Kementerian ESDM akan panggil Pertamina jika sampai Januari mendatang harga bbm Pertamax Cs belum turun
Jakarta, CNBC Indonesia- Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto menuturkan, PT Pertamina (Persero) paling tidak pada Januari 2019, perusahaan akan menurunkan harga jual BBM nonsubsidi mereka, sama seperti Shell dan ExxonMobil.

"Ya janjinya Januari lah harga nonsubsidinya turun," ujar Djoko kepada media ketika dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (11/12/2018).




Lebih lanjut, Djoko mengatakan, untuk melakukan perubahan harga jual BBM nonsubsidi tersebut, prosedurnya para badan usaha penjual BBM tersebut hanya perlu melakukan pelaporan kepada pemerintah. Namun, Djoko mengaku, sampai saat ini belum ada laporan dari Pertamina, dan lainnya.

Kendati demikian, Djoko mengaku sudah melakukan rapat dengan Pertamina untuk membahas hal tersebut, dan jika di Januari 2019 mendatang Pertamina belum juga menurunkan harga, Djoko mengstakan akan memanggil lagi BUMN migas tersebut.



"Kalau Januari belum turun, nanti kami panggil lagi," imbuhnya.

Adapun, sebelumnya, Djoko mengungkapkan sudah ada tiga badan usaha yang sudah menurunkan harga jual BBM non-subsidi mereka, yakni AKR, Vivo, dan Garuda Mas Energi.

"Pertamina dan lainnya lagi evaluasi, belum ajukan penurunan harga," ujar Djoko kepada media ketika dijumpai di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Lebih lanjut, Djoko mengatakan, penurunan harganya bervariasi, ada yang turunnya hampir mencapai Rp 1.000/liter, tetapi ada juga yang turunnya hanya Rp 25.

"Yang Rp 25 kalau tidak salah Garuda Mas Energi. Tiga badan usaha itu turunnya sudah berlaku hari ini (Senin, 3/12/2018)," pungkas Djoko 


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading