KEIN Dukung Proyek Bandara Soetta II di Lahan Reklamasi

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
02 December 2018 17:32
KEIN Dukung Proyek Bandara Soetta II di Lahan Reklamasi
Jakarta, CNBC Indonesia - Komite Ekonomi dan Industri Nasional RI (KEIN RI) mendukung pembangunan Bandara Soekarno-Hatta 2 di atas lahan reklamasi.

Ketua Pokja Pariwisata KEIN RI, Doni Oskaria, mengatakan bandara di atas lahan reklamasi akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara dan domestik.

Dia menuturkan hal itu akan menjadi atraksi yang memberikan pengalaman berbeda dibandingkan dengan bandara lainnya.


"Reklamasi adalah pilihan yang paling masuk akal saat ini. Sulit rasanya menemukan lahan seluas 2.000 ha di sekitar lokasi existing saat ini. Belum lagi masalah relokasi masyarakat di
Pemerintah berencana membangun Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) 2 pada 2020."

"Hal ini dikarenakan kapasitas pengunjung Bandara Soekarno-Hatta sudah membeludak. Lonjakan pengguna Bandara diperkirakan akan tembus angka 100 juta tahun ini," ujarnya melalui siaran pers, Minggu (2/12/2018).


Lebih lanjut, Doni mengatakan pembangunan Bandara Soekarno-Hatta 2 akan memberi daya gedor cukup signifikan bagi sektor pariwisata.

"Kita harus mendukung rencana pemerintah dan Angkasa Pura II ini. Bandara adalah salah satu wajah Indonesia di mata Internasional, selain sebagai entry gate untuk berbagai lalu lintas domestik dan internasional," ujar Doni, yang juga menjabat sebagai Komisaris Garuda.


Dia menuturkan kehadiran Bandara Soekarno-Hatta 2 sangat dinanti karena bandara eksisting tidak lagi mencukupi secara kapasitas, di mana jadwal penerbangan seringkali meleset karena pesawat harus mengantri panjang sebelum take off.

Menurut Doni, pemerintah dan AP II harus segera memastikan proyek ini layak untuk ditindaklanjuti, mulai dari lokasi, kelayakan reklamasi, skema pembiayan, sampai pada hal-hal kecil seperti bahan baku, barang modal, dan lain-lain.

Dari keterangan resmi KEIN, dinyatakan juga bahwa Menteri Perhubungan telah menyatakan pembangunan Bandara Soekarno-Hatta II membutuhkan investasi lebih dari Rp 100 triliun. 

[Gambas:Video CNBC] (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading