Kabar Baik! Trump-Xi Jinping Sepakat Gencatan Senjata 90 Hari

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
02 December 2018 12:36
Kabar Baik! Trump-Xi Jinping Sepakat Gencatan Senjata 90 Hari
Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat dan China mencapai kesepakatan 90 hari gencatan senjata dalam sengketa perdagangan yang mengguncang pasar saham dunia dan mengancam pertumbuhan ekonomi.

Keputusan itu keluar setelah Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping menggelar makan malam di Buenos Aires, Argentina, pada Sabtu (1/12/2018).

Dikutip dari The Washington Post, Minggu (2/12/2018), Trump menyetujui menahan untuk tidak mengenakan kenaikan tarif dari 10% ke 25% terhadap US$ 200 miliar barang-barang China, yang rencananya ditetapkan pada 1 Januari 2019.



Gedung Putih juga menyatakan bahwa China setuju untuk membeli produk agrikultural, energi, industri, dan lainnya dari AS, supaya Negeri Paman Sam dapat mengurangi defisit perdagangan yang besar dengan China.

Foto: Xi Jinping dan Donald Trump menggelar makan malam di Argentina (Reuters)


Gencatan senjata itu akan memberikan waktu bagi kedua negara untuk menyelesaikan perbedaan yang ada, terutama terkait upaya Beijing menggoyang dominasi AS dalam sektor teknologi.


Di samping itu, China juga menyetujui label zat yang dikendalikan terhadap fentanyl, opioid sintesis yang dinilai bertanggung jawab terhadap puluhan ribu kematian.

Adapun gencatan senjata itu dicapai setelah makan malam antara Trump-Xi Jinping selama lebih dari 2 jam. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading