Jokowi Bangun Tol Trans Jawa, Berapa Besar Peran Grup Astra?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
27 November 2018 16:03
Astra terlibat dalam seperempat bagian pembangunan Trans Jawa.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan tol Jakarta-Surabaya dapat diresmikan pada akhir tahun ini.

Adapun tol Jakarta-Surabaya merupakan bagian dari ruas tol Trans Jawa yang direncanakan tersambung dari Merak hingga Banyuwangi. 

Salah satu perseroan yang terlibat proyek Trans Jawa ini adalah Grup Astra, melalui PT Astra Tol Nusantara yang berada di bawah bendera Astra Infra. Grup tersebut terlibat dala seperempat bagian pembangunan Trans Jawa.


Presiden Direktur Astra Tol Nusantara, Djap Tet Fa, menyebut, sejauh ini, Astra Infra telah memiliki konsensi terhadap total ruas sepanjang 302 km yang termasuk dalam Tol Trans Jawa. Angka tersebut terbagi atas beberapa tol di kawasan Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Dari ujung barat pulau Jawa, Astra Infra terlibat dalam proyek Tol Tangerang-Merak sepanjang 72,4 km yang kini telah beroperasi. "PT Astra Tol Nusantara memiliki 79,3% saham, sedangkan sisanya dibagi antara 7 pemegang saham lainnya," ungkapnya di Jakarta, Selasa (27/11/2018).


Selanjutnya, Astra Infra juga memiliki saham 45% pada Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) sepanjang 116,8 km. "Cipali ini keberadaannya sangat penting, dibutuhkan untuk logistik dan perpindahan orang, apalagi kalau mudik," imbuh Djap Tet Fa.

Adapun di Jawa Tengah, Astra Infra memiliki konsensi pada Tol Semarang - Solo sepanjang 72,6 km, dengan kepemilikan saham sebesar 40%. Saham lain dimiliki PT Jasa Marga (Persero) sebesar 58,9% dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah sebesar 1,1%.


Pada ruas tersebut, sesi 1, 2, dan 3 telah beroperasi. Sedangkan sesi 4 dan 5 tengah berlangsung proses pengerjaan akhir yang rencananya turut rampung pada akhir tahun ini.

Selanjutnya, Astra Infra terlibat penuh dalam Tol Jombang - Mojokerto sepanjang 40,5 km dengan kepemilikan saham sebesar 100%. Tol ini menyisakan pekerjaan pada sesi 4 yang rencananya juga akan kelar Desember 2018



(ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading