Alasan Jokowi Beri Rumah Murah DP 0% ke PNS di Tahun Politik

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
07 November 2018 15:38
Menurut Data kementerian PUPR, ada hampir 1,930 juta ASN, TNI dan Polri yang belum memiliki rumah pribadi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah sedang mematangkan skema pembiayaan rumah murah dengan uang muka (DP) 0%. Skema pembiayaan ini disediakan untuk pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri.

Kepala Badan Perencanaan Dan Pembangunan Nasional (Bapenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan saat ini sudah dilakukan proyek percontohan di beberapa kementerian dengan melibatkan bank BUMN untuk kepemilikan rumah skema DP 0%.

"Kita melihat data kementerian PUPR, hampir 1,930 juta ASN, TNI dan Polri yang belum memiliki rumah pribadi, sekarang tinggal di rumah dinas atau sewa," ujar Bambang di Istana Negara, Rabu (7/11/2018).


Bambang mengatakan rumah murah yang disediakan adalah rumah susun sederhana milik (rusunami) dengan skema autodebit gaji pegawai. Nantinya, skema pembiayaan DP 0% ini akan berlaku untuk semua PNS, TNI dan Polri dengan memberikan perhatian khusus pada mereka yang belum punya rumah sama sekali.

"OJK sudah menerapkan KPR bisa 0 persen jika itu program pemerintah dan ini program pemerintah karena ditujukan untuk ASN, TNI dan Polri," jelas Bambang.

Bambang menambahkan pembiayaan rumah murah ini nanti akan langsung dari perbankan. Sekarang ini pemerintah sedang memikirkan cara untuk meringankan cicilan pinjaman tersebut. "Itu yang kami pikirkan (subsidi bunga) tetapi dengan skema FLPP," tegas Bambang.


(roy/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading