Mengenal Coding, Jurus yang Bikin Jeff Bezos Jadi Miliuner

News - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
04 November 2018 07:40
Mengenal Coding, Jurus yang Bikin Jeff Bezos Jadi Miliuner
Jakarta, CNBC Indonesia - Menuju revolusi industri 4.0, sejumlah perusahaan termasuk yang berbasis di Indonesia terus melakukan perubahan kea rah digital.

Sumber daya manusia (SDM) yang ahli di bidang program komputer semakin dicari. Sayangnya, Indonesia masih kekurangan ahli di bidang tersebut.

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) mengungkap kalau Indonesia membutuhkan setidaknya 100 ribu programmer andal untuk membangun 1.000 startup yang berkualitas.


Untuk mewujudkan hal tersebut, Kepala Subdit Edukasi Ekonomi Kreatif dari Bekraf Dr. Muhammad Amin, mengatakan perlu mengenalkan coding sejak dini kepada anak-anak agar mereka akrab dengan teknologi. Harapannya mereka bisa menjadi programmer unggul di masa mendatang.

"Bekraf juga akan ada program Coding for Kids tahun ini. Kita melihat ekonomi ke depan yang kita bangun adalah ekonomi berbasis digital," kata Muhammad Amin saat ditemui CNBC Indonesia di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.


Dia menuturkan Coding for Kids bertujuan agar anak-anak sudah akrab dengan teknologi sejak dini. "Bagaimana kita membuat teknologi menjadi sesuatu yang menairik buat anak-anak."

Ditemui terpisah, pendiri Koding Next, Bartek Wasik, mengatakan coding memang penting diperkenalkan kepada generasi sekarang sejak dini. Ini juga demi mengikuti perkembangan tren teknologi agar Indonesia tidak kalah saing dengan negara sekitarnya.

Koding Next sendiri adalah sekolah coding pertama di Indonesia.

Bartek menuturkan kalau beberapa negara sudah memasukkan pelajaran mengenai coding ke dalam kurikulum pendidikan formal. Coding dibutuhkan untuk melahirkan generasi penerus yang tak hanya melek teknologi tapi juga jago dalam bidang program komputer.


"Korea Selatan, Jepang, Singapura, Kanada, Finladia, Swedia, mereka invest dengan training guru-guru ikut kelas coding karena coding masuk ke dalam kurikulum. Kami juga dengar dari pemerintah Indonesia ada plan coding bakal masuk kurikulum tiga tahun lagi. Sekarang teknologi ada di mana-mana, smartphone, smartcard, smarttech, semua industri butuh orang bisa coding," jelas Bartek.

Foto: Bartek Wasik Founder Koding Next School (CNBC Indonesia/Fitriyah Said)


Pria asal Polandia itu menambahkan, coding ibarat bahasa jika dipelajari sejak kecil maka akan lebih menguasai ke depannya. Untuk itu, ia mendorong anak-anak agar sudah mengenal dan belajar teknologi khususnya sejak dini.


Bagaimana Coding Bisa Bikin Kaya Raya Seperti Jeff Bezos?

Hanya segelintir orang Indonesia yang suka belajar coding. Sebagian besar menganggap coding itu berat dan memusingkan. Padahal tidak melulu demikian, dengan belajar coding maka Anda bisa bekerja di berbagai perusahaan.

Bartek Wasik mengatakan bahwa salah satu keuntungan bisa coding adalah mudah mendapatkan pekerjaan baik di Indonesia maupun internasional. Kini perusahaan modern berbasis digital dan banyak membutuhkan tenaga programmer.

Selain itu, coding juga bisa membuat Anda kaya raya layaknya CEO Amazon, Jeff Bezos. Lihat saja, Jeff Bezos kini menjadi orang terkaya di dunia karena perusahaannya yang berbasis digital dan internet.

Jeff Bezos juga mengaku lewat Instagram pribadinya kalau ia belajar coding sejak kecil. Tak disangka, kecerdasannya di bidang teknologi mampu membuatnya menjadi orang terkaya dunia seperti sekarang.


Adapun dengan menguasai coding maka Anda bisa membuat website sendiri. Selain dapat menekan modal, Anda bisa menguasai perusahaan tanpa batas karena mengerti coding.

Di samping itu, Anda juga dapat membantu perusahaan di Indonesia membuat situs resmi. Biaya untuk pembuatan website sekarang tidaklah murah maka bagus untuk prospek pekerjaan ke depannya.

"Ada beberapa contoh menghasilkan uang dengan coding, misalnya beberapa bisnis kecil Indonesia nggak punya website. Kamu bisa offer service kamu ke seluruh Indonesia. Sekarang kalau mau bikin website, cari desainer web atau programmer harus bayar Rp10 juta ke atas," papar Bartek saat diwawancarai CNBC Indonesia secara eksklusif di Koding Next Indonesia, PIK, Jakarta Utara.

Pria asal Polandia itu juga mengatakan kalau coding tak melulu menjadi seorang programmer website tapi bisa merangkap dengan membuat kecerdasan buatan hingga jasa desainer 3D atau 4D. 

[Gambas:Video CNBC] (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading