Kasus Suap Meikarta, KPK Panggil Bos Lippo Group Hari Selasa

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
28 October 2018 18:57
Kasus Suap Meikarta, KPK Panggil Bos Lippo Group Hari Selasa
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Lippo Group James Riady akan dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari Selasa (30/10/2018) terkait kasus suap megaproyek Meikarta.

"Penyidik sudah mengirimkan surat untuk pemeriksaan James Riady sebagai saksi yang dijadwalkan untuk Selasa, 30 Oktober 2018," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Minggu (28/10/2018), dikutip dari detikcom.

Hari Jumat lalu, Febri memang telah mengatakan akan memanggil bos Lippo Group itu setelah sebelumnya menggeledah rumah sang taipan. Berbagai barang diamankan dari rumah James, seperti catatan keuangan, dokumen-dokumen proyek, hingga sejumlah uang.


"Waktu pemanggilan nanti akan disampaikan lebih lanjut...tadi saya cek ke penyidik, memang ada rencana dan kebutuhan pemeriksaan saksi James Riady. Dan saksi lain dari Pemkab dan Lippo," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah melalui pesan instan kepada CNBC Indonesia, Jumat.


Meikarta merupakan properti yang dikerjakan oleh PT Mahkota Sentosa Utama yang merupakan anak usaha dari PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) dengan kepemilikan 100%. Sementara LPCK merupakan anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kabupaten Bekasi terkait proyek Meikarta. Tercatat 10 orang yang diamankan dalam OTT tersebut.

Pihak-pihak yang ditangkap KPK antara lain, Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Jamaludin, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi Sahat MBJ Najor, Dewi Tisnawati (Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi), dan Neneng Rahmi (Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi). (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading