Ya Ampun, Data Beras RI Sudah Tak Akurat Sejak 1997!

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
24 October 2018 10:35
Ya Ampun, Data Beras RI Sudah Tak Akurat Sejak 1997!
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengungkapkan data beras nasional tidak pernah akurat sejak 1997.

Dia menuturkan data yang tidak akurat itu merupakan kesalahan banyak pihak, termasuk BPS.

"Mari kita lupakan masa lalu. Yang penting, bagaimana ke depan kita punya data produksi tepat sehingga kebijakan yang dirancang lebih fokus dan tepat sasaran," ujarnya hari ini, Rabu (24/10/2018).


Dia menuturkan hal itu saat konferensi pers dalam rangka menyampaikan data beras terbaru yang didapat dari hasil penyempurnaan perhitungan.



Suhariyanto mengatakan data terbaru ini dirumuskan oleh tim yang dibentuk Sekretariat Wakil Presiden, terdii dari BPS, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

"Metodologi [yang digunakan menghitung data beras] harus sesuai ukuran, obyektif dan subyekti. Metodologi harus transparan, bisa dicek siapa pun sehingga tidak aka nada dispute yang menghabiskan energi," kata Suhariyanto.

Data beras nasional selama ini memang menjadi polemik, dipicu karena adanya pro dan kontra terkait kebijakan impor beras.

Saat ini, konferensi pers masih berlangsung di mana BPS juga akan menyampaikan data terkait perkiraan produksi padi dan sebagainya. (ray/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading