Pendirinya Pailit, Teh Celup Sariwangi Tetap Beredar di Pasar

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
18 October 2018 11:43
Sariwangi Agriculture dinyatakan pailit.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Sariwangi Agriculture Estate Agency diputus pailit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Hal ini dipastikan setelah PN Jakarta Pusat mengabulkan pembatalan perjanjian perdamaian dari PT Bank ICBC Indonesia terhadap PT Sariwangi Agricultural Estate Agency dan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung.

ICBC Indonesia meminta pembatalan perdamaian yang dilakukan pada 9 Oktober 2015, karena Sariwangi Agriculture tidak pernah membayar utang pasca-perjanjian itu.


"Pada intinya ada dua: PT Sariwangi tidak pernah membayar cicilan. Sementara satu lagi PT Indorub sudah telat 1 tahun lebih tidak bayar. Ini kan ada cicilan bunga yang mereka tidak bayar," terang Swandy dikutip dari Detikcom.


Adapun Sariwangi Agriculture adalah perusahaan yang mendirikan teh merek Sariwangi yang kini dikenal seluruh pelosok Indonesia.

Teh merek Sariwangi mulai meluncur di pasar nasional pada 1973 dan terus menuai kesuksesan hingga kepemilikannya berpindah tangan dari Sariwangi Agriculture ke PT Unilever Indonesia Tbk, afiliasi dari perusahaan consumer goods raksasa asal Inggris-Belanda, Unilever NV.

Direktur & Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia, Sancoyo Antarikso, mengatakan akuisisi merek Sariwangi dilakukan sekitar awal 1990-an dan kini perseroan sudah tidak ada hubungan apa pun dengan Sariwangi Agriculture.

Karena itu, dia memastikan teh merek Sariwangi akan terus berada di pasar nasional.

"Tidak punya hubungan bisnis dan kepemilikan [dengan Sariwangi Agriculture]. Teh Sariwangi akan tetap ada di pasar nasional," ujarnya ketika dihubungi, Kamis (18/10/2018).

Adapun Unilever mengklaim bahwa Sariwangi saat ini adalah merek teh celup terbesar di Indonesia.

Foto: tehsariwangi.com


Dia menuturkan saat ini Sariwangi hanya dipasarkan di pasar nasional, namun Unilever juga memiliki produk teh dengan merek lain yang diekspor antara lain ke Australia.




(ray/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading