Jatuhnya Sariwangi ke Pelukan Raja Teh Dunia

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
18 October 2018 14:25
Pendiri teh Sariwangi dinyatakan pailit.
Jakarta, CNBC IndonesiaSariwangi adalah merek teh yang cukup terkenal di Indonesia. Kemarin, muncul informasi yang menyatakan pendiri merek teh itu diputuskan pailit oleh pengadilan.

Merek Sariwangi sendiri mulai diperkenalkan di pasar nasional pada 1973 oleh pendirinya yang saat ini dikenal dengan nama PT Sariwangi Agricultural Estate Agency.

Seiring berjalannya waktu, merek Sariwangi kemudian diakuisisi oleh PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).


"Sudah tidak ada hubungan [dengan Sariwangi Agricultural]. [Merek] Sariwangi sudah diakuisisi Unilever awal 90-an," jelas Direktur & Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia, Sancoyo Antarikso, Kamis (18/10/2018).


PT Unilever Indonesia Tbk adalah afiliasi dari perusahaan raksasa asal Inggris-Belanda, Unilever NV.

Adapun Unilever NV bisa dibilang sebagai raja teh dunia yang mendominasi pasar di banyak negara. Di bawah Unilever, sedikitnya ada 16 merek teh.

Foto: tehsariwangi.com


Merek-merek teh itu berada di pasar berbagai negara, seperti Australia, Afrika Selatan, New Zealand, Inggris, Amerika Serikat, Skotlandia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, merek teh yang dijual Unilever tentunya Sariwangi.

Sancoyo mengatakan saat ini Sariwangi hanya ada di pasar domestik, namun Unilever Indonesia juga mengekspor teh merek lain ke pasar Australia.
(ray/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading