Sri Mulyani Ungkap Kunci Sukses Entaskan Kemiskinan

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
08 October 2018 18:50
Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu kunci untuk mengentaskan kemiskinan.
Nusa Dua, Bali, CNBC Indonesia - Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu kunci untuk mengentaskan kemiskinan. Hal tersebut, akan menjadi agenda prioritas pemerintah.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Antar Parlemen dengan tema Investing in Human Capital, yang merupakan rangkaian Annual Meeting IMF - World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali.

"Human Capital adalah kunci untuk menuntaskan kemiskinan dan ketidaksetaraan, dimana investasi pada Human Capital adalah pondasi untuk kemakmuran dan kunci penggerak high-income growth," jelas Sri Mulyani, Senin (8/10/2018).


Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)


Human Capital, menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, merupakan persoalan yang sangat penting karena menjadi penentu dalam mengatasi persoalan kemiskinan. Bendahara negara, pun menekankan pentingnya penanganan stunting.

"Kesehatan adalah faktor penting yang memengaruhi kualitas modal manusia. Kekurangan gizi adalah salah satu masalah serius, stunting bisa merusak masa depan bangsa. Kita masih banyak menemukan stunting di Indoesia" ujar Sri Mulyani.

Menurut dia, investasi pada human capital adalah pusat dari pembangunan manusia dan cukup berdampak pada kemajuan ekonomi. Maka, pertemuan ini membahas bagaimana anggota parlemen mendukung investasi pada human capital di negara masing-masing.

Adapun pertemuan tingkat tinggi Antar Parlemen memainkan peran penting dalam membangun political will untuk memastikan progam pembangunan dan Sustainable Development Goals (SDGs) terlaksana, serta menumbuhkan rasa kepemilikan kepada negara dan menjaga akuntabilitas.




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading