Bye Eropa, Wisatawan RI Pilih Asia Saat Rupiah Lemah

News - Ranny Virginia Utami, CNBC Indonesia
07 October 2018 19:57
Wisatawan RI kini pilih tiket wisata ke Asia ketimbang negara lainnya
Jakarta, CNBC Indonesia- Sejumlah negara Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Singapura, Hong Kong dan Thailand masih menjadi destinasi wisata paling diminati oleh para calon wisatawan Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya animo pengunjung yang menanyakan harga tiket untuk rute-rute tersebut ke sejumlah agen tur yang ada dalam Garuda Indonesia Travel Fair 2018 Fase II di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.




"Yang saya rasakan sendiri sejauh ini sudah hampir 50 persen pengunjung yang datang menanyakan harga untuk rute ke Jepang, ke Singapore," ujar Alfian, salah satu asisten perjalanan dari Panorama Tour kepada CNBC Indonesia di JCC Senayan, Minggu (7/10/2018).

Menurut Manager Potential Agency Sales Garuda Indonesia Brand Office Jakarta Ardika, rute-rute yang diminati para pengunjung GATF ini kebanyakan adalah rute-rute yang tidak memerlukan visa. Selain itu, perkembangan gaya hidup para kaum milenial belakangan juga dinilai cukup mempengaruhi tren destinasi wisata.

"Seperti Bangkok, itu lumayan banyak karena sekarang kan banyak kaum-kaum milenial yang membuka jasa titip (open pre-order) di Instagram dan atau di mana gitu kan. Itu sangat berpengaruh sekali," ujar kepada CNBC Indonesia di JCC Senayan, Minggu (7/10/2018).

Salah satu pengunjung GATF Ita mengaku memang sedang berburu tiket ke Bangkok, Thailand, untuk keberangkatan pada Februari tahun depan. "Saya memang ingin liburan bersama teman-teman di sana. Mumpung ada GATF ini kan jadi mau lihat-lihat siapa tahu dapat tiket murah," kata perempuan yang bekerja sebagai karyawan swasta di Jakarta ini.

Tak hanya Ita, Risa yang mengaku rutin mengunjungi acara pameran travel tiap tahun juga mengaku sedang berburu tiket murah untuk perjalanan ke Seoul, Korea Selatan. Promo cashback yang ditawarkan dalam GATF kali ini pun menjadi incarannya.

"Tadi aku datang jam setengah 7 pagi untuk antri cashback di depan, tapi ternyata sudah ramai. Banyak yang pada menginap sepertinya," ujar Risa yang juga merupakan karyawan swasta Ibu Kota. 

Seperti yang diketahui, dalam pagelaran GATF Fase II ini, pihak Garuda Indonesia bekerja sama dengan Bank Mandiri menawarkan sejumlah promo menarik untuk setiap pembelian tiket perjalanan bagi pemegang kartu Mandiri Debit dan Mandiri Kredit.

Penawaran tersebut di antaranya adalah cashback senilai Rp2 juta untuk pembelanjaan tiket seharga Rp4 juta lebih dan cashback Rp750 ribu untuk pembelanjaan tiket di bawah Rp4 juta. Selain itu, terdapat juga penawaran cicilan 0 persen hingga 12 bulan dan tambahan potongan harga hingga 50 persen sampai dengan Rp2 juta dengan menukarkan fiestapoin.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading