Internasional

AS Jatuhkan Bea Impor Baru, China Gelar Rapat Dadakan

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
18 September 2018 11:30
AS Jatuhkan Bea Impor Baru, China Gelar Rapat Dadakan
Beijing, CNBC Indonesia - Wakil Perdana Menteri China Liu He akan menggelar pertemuan di Beijing pada hari Selasa (18/9/2018) pagi untuk mendiskusikan respons pemerintah terhadap keputusan Amerika Serikat (AS) yang mengenakan tarif impor tambahan terhadap barang-barang China senilai US$200 miliar (Rp 2.978 triliun), menurut Bloomberg News yang mengutip seorang sumber, dilansir dari Reuters.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan mengenakan bea impor 10% terhadap berbagai produk China senilai US$200 miliar mulai 24 September 2018. Tidak hanya itu, tarif impor tersebut akan naik menjadi 25% akhir tahun ini.



Ia mengecualikan produk jam tangan pintar (smart watch) Apple dan beberapa produk konsumen lainnya dari bea impor baru itu namun tetap mengancam akan mengenakan tarif lagi terhadap produk China senilai US$267 miliar bila Beijing membalas.

Langkah sang presiden yang diumumkan hari Senin (17/9/2018) malam waktu setempat atau Selasa dini hari waktu Indonesia makin mengobarkan perang dagang antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu. China telah berulang kali menegaskan akan membalas segala tindakan pengenaan bea masuk baru oleh AS.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading