Curhat Jokowi: 23 Tahun Kerja tapi Cuma Punya Aset Rp 40 M

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
14 September 2018 10:54
Curhat Jokowi: 23 Tahun Kerja tapi Cuma Punya Aset Rp 40 M
Jakarta, CNBC IndonesiaPresiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung mengenai perubahan zaman yang sudah tidak terbendung. Hal itu sehingga melahirkan banyak miliarder muda dalam waktu singkat.

Dalam Pembukaan Kongres XXXVI Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/9/2018), Jokowi mengungkapkan perbedaan yang dilakukan pebisnis zaman dahulu dengan masa kini.

"Saya kerja, ekspor 23 tahun, dari pagi sampai pagi, aset yang saya miliki hanya Rp 30-Rp 40 miliar," katanya.


Jokowi mencontohkan tiga nama tenar dalam dunia digital masa kini, yakni CEO Tokopedia William Tanuwidjaya, CEO Bukalapak Ahmad Zaki, dan CEO Gojek Nadiem Makarim.

"Itu anak muda semua tapi karena bisa memegang, mempersiapkan perubahan, mereka masuk dulu sehingga menjadi triliuner. Hanya beberapa tahun. Mereka belum ada 5 tahun sudah punya Rp 15 triliun."

Jokowi mengaku juga sempat terheran-heran dengan gamer profesional yang mampu menghasilkan ratusan juta rupiah setiap bulan dari bermain game dan mengendorse berbagai produk.

"Memang sangat berbeda jaman sekarang, dengan sangat banyak perubahan seperti ini. Oleh karena itu, saya mengajak semuanya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan itu." (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading