Internasional

Berkat Kpop, Hubungan Dagang RI-Korea Makin Mesra

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
10 September 2018 12:41
Berkat Kpop, Hubungan Dagang RI-Korea Makin Mesra
Seoul, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo dijadwalkan untuk menyambangi Korea Selatan dan bertemu dengan Presiden Moon Jae In pekan ini. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan bisnis dan ekonomi kedua negara.

Kedua negara juga berniat mempererat hubungan mereka untuk memagari ekonomi mereka dari dampak perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China yang memanas. Dengan ekspansi ke Indonesia dan menjadikannya sebagai salah satu kunci untuk pengembangan bisnis di kawasan selatan, Korea Selatan mulai mengurangi ketergantungannya kepada AS, China, Jepang, dan Rusia.


"Kedua pemimpin akan berdiskusi tentang bagaimana memperkuat strategi kemitraan khusus mereka," ujar juru bicara kepresidenan Korea Selatan Kim Eui Kyeom, sebagaimana dikutip dari Nikkei, Senin (10/9/2018).


"Mereka akan bertukar pandangan tentang perdagangan, investasi, infrastruktur, pertanian, kesehatan, budaya, dan lainnya," lanjutnya.

Menurut analis, Indonesia memiliki potensi ekonomi sangat besar di Asia Tenggara dan dengan investasi infrastruktur di RI bisa turut mendorong pertumbuhan ekonomi kedua negara. Sebab, pemerintah Jokowi membutuhkan sumber daya mumpuni untuk proyek-proyek infrastruktur dan Korea Selatan bisa mendukungnya.

"Tingkat pertumbuhan proyek infrastruktur Indonesia masih tinggi, tapi negaranya punya keterbatasan sumber daya. Ini jadi peluang bagi pemerintah Korsel untuk masuk ke sana, sekaligus untuk perusahaan konstruksi swasta," ujar Periset dari Korea Institute for International Economic Policy Shin Min-i.

Makin eratnya hubungan RI-Korsel, kata Shin Min, juga tak lepas dari efek popularitas drama Korea dan musik Korea atau K-Pop yang merajalela di kalangan anak muda Indonesia. Setidaknya, 10 selebritis telah menggelar konser di Indonesia dan laris manis, di antaranya boyband BTS yang merajai tangga musik dunia Billboard dan G-Dragon.

Berkat Kpop, Hubungan Dagang RI-Korea Makin Mesra Foto: BTS , courtecy cnn


Korea Selatan bukannya tak tahu soal pengaruh Kpop dan artis-artisnya dalam ekspansi bisnis. Dalam beberapa kali acara bisnis di Indonesia, Korsel membawa serta artis-artis mereka untuk mempromosikan bisnis negara mereka.

Tahun lalu misalnya, saat acara Indonesia-Korea Business Summit Maret 2017 hadir Lee Teuk, pemimpin boyband Super Junior, yang mengenalkan industri hiburan dan budaya Korea Selatan di hadapan Presiden Joko Widodo.

Begitu juga pada acara Korea Brand & Entertainment Expo yang digelar pada September 2017 lalu. Pemerintah Korea menunjuk anggota Super Junior lainnya yakni Lee Dong Hae dan Lee Hyuk Jae (Eun Hyuk) serta artis drama Song Ji Hyo sebagai duta promosi mereka. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading