Jack Ma, Orang Terkaya China yang Siap Mundur dari Alibaba

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
10 September 2018 10:07
Jack Ma mundur dari Chairman Alibaba tahun depan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Alibaba hari ini, Senin (10/9/2018), mengumumkan Daniel Zhang akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman mulai tahun depan, tepatnya 10 September 2019.

Jack Ma akan tetap menjadi Executive Chairman di Alibaba dalam 12 bulan ke depan agar transisi berjalan lancar. Setela itu, Jack Ma akan tetap berada di jajaran direksi Alibaba hingga rapat umum pemegang saham tahunan 2020.

Dikutip dari CNBC International, Jack Ma juga mengumumkan kebijakan ini ke pelanggan dan pemegang saham melalui surat.




"Mendemonstrasikan bahwa Alibaba telah beranjak ke level berikutnya dalam hal tata kelola yang baik dari perusahaan yang bergantung ke individu, menjadi yang didukung sempurnanya sistem organisasi dan kultur pengembangan talenta," kata Jack Ma melalui suratnya.

"Memulai proses pengalihan obor Alibaba ke Daniel dan timnya adalah keputusan tepat di waktu yang tepat, karena saya tahu dari kerja dengan mereka bahwa mereka siap, dan saya memiliki kepercayaan diri bahwa generasi pemimpin yang berikutnya," tulis Jack Ma.

10 September 2019, Jack Ma Mundur Sebagai Chairman AlibabaFoto: REUTERS/Jorge Silva


Jack Ma menambahkan bahwa dia akan melanjutkan peran sebagai founding partner di Alibaba Partnership, yang merupakan grup dengan 36 pemimpin senior yang memastikan berjalannya misi, visi dan nilai perusahaan.

Dia juga mengatakan bahwa dirinya juga akan kembali ke dunia pendidikan yang dicintainya.

10 September 2019, Jack Ma Mundur Sebagai Chairman AlibabaFoto: Infografis Jack Ma (Arie Pratama)

(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading