28 Menteri Cek Kesiapan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 September 2018 13:14
28 Menteri Cek Kesiapan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank
Jakarta, CNBC Indonesia - Persiapan pagelaran IMF - World Bank Group Annual Meeting 2018 di Bali pada Oktober mendatang sudah memasuki tahap akhir sebelum pelaksanaan pada hari-H.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan ketua tim pelaksana IMF-WB mengemukakan, seluruh menteri Kabinet Kerja bakal bertolak ke Bali untuk mengecek kesiapan akhir.

"Persiapan akhir tanggal 17 bulan ini. Semua kementerian akan hadir, 28 menteri akan cek," kata Luhut di kantor Kementerian Keuangan, Kamis (6/9/2018).




Panitia Nasional IMF - World Bank menyebut persiapan pertemuan tahunan tersebut sudah mencapai tahap akhir. Bahkan, persiapan berbagai mitigasi risiko pun sudah dilakukan.

Setidaknya, ada tiga bencana alam yang sudah diperhitungkan yaitu bencana gempa bumi, erupsi gunung berapi, sampai dengan tsunami. Namun, panitia sudah menyiapkan langkah mitigasi.

Misalnya, seluruh bangunan yang digunakan dalam pertemuan tersebut sudah masuk dalam proses sertifikasi jika terjadi bencana alam. Selain itu, panitia sudah menyiapkan sirine di titik-titik tertentu.

"Jadi ketika ada tsunami, ada menurut para ahli potensinya 3 sampai 6 meter. Tempat paling aman di rooftop. Semua hotel di Bali ada sertifikasi dan ada alert-nya," kata Sekretaris Panitia Nasional IMF World Bank Annual Meeting Adi Budiarso. (ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading