Toyota Ekspor 1 Juta Mobil dari RI, Ini Kata Menperin

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
05 September 2018 10:27
Toyota Ekspor 1 Juta Mobil dari RI, Ini Kata Menperin
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, menyambut gembira komitmen Toyota yang telah mengucurkan investasi senilai lebih dari Rp 20 triliun dalam 3 tahun terakhir.

Selain itu, sejak 1978 hingga tahun ini ekspor mobil CBU Toyota yang diproduksi di tanah air oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga telah mencapai 1,4 juta unit, dengan volume ekspor pada tahun lalu sebesar 200 ribu unit senilai US$ 3 miliar.

"Pada 2015 lalu Pak Presiden berkunjung ke markas Toyota di Jepang. Dan sejak kunjungan tersebut hingga saat ini, Toyota telah merealisasikan komitmen tambahan investasi mereka di Indonesia mencapai Rp 20 triliun," ujar Airlangga dalam acara pelepasan ekspor 1 Juta Unit CBU Toyota di IPC Car Terminal, Tanjung Priok, Rabu (5/9/2018).




Airlangga menjelaskan bahwa saat ini kapasitas produksi Toyota telah ditingkatkan menjadi 250 ribu unit kendaraan per tahun, dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) berkisar antara 75-94%.

"Hari ini, sebanyak 1.879 unit mobil CBU akan dikirim, antara lain ke Bahrain, Bangladesh, Laos, Myanmar, Uni Emirat Arab, Qatar, Peru, dan Kosta Rika. Saya berterima kasih kepada Pak Presiden yang selalu hadir dalam setiap komitmen ekspor kita. Beliau 3 kali hadir di Tanjung Priok dalam 3 bulan terakhir," pungkasnya disambut tepuk tangan hadirin.

Sebagai informasi, pemerintah melalui peta jalan Industri 4.0 menargetkan ekspor industri manufaktur berkontribusi 10% terhadap PDB Indonesia di 2030. (ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading