B20 si Penyelamat Rupiah: Ini Penampakan & Manfaatnya

News - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
01 September 2018 06:38
Biodiesel B20 resmi diluncurkan pemerintah kemarin (31/8/2018).
Jakarta, CNBC Indonesia - Biodiesel B20 resmi diluncurkan pemerintah kemarin (31/8/2018). Mulai hari ini atau 1 September 2018, setiap SPBU wajib salurkan bensin solar dengan campuran minyak sawit sebanyak 20% ke pengguna kendaraan.

"Kami bersyukur sesuai dengan rencana hari ini melaunching pelaksanaan B20 baik PSO (subsidi) maupun non PSO," kata Darmin di acara peluncuran, Jumat, 31 Agustus 2018.

Darmin menjelaskan kebijakan ini dijalankan guna mendorong ekspor dan memperlambat impor untuk menyehatkan nerara pembiayaan dan mengurangi defisit transaksi berjalan.


Ada beberapa kebijakan yang direncanakan, salah satunya adalah penerapan B20. "Begitu kita mulai akan ada penghematan karena diesel atau solarnya dicampur minyak CPO. Berarti berkurang kebutuhan solarnya," kata Darmin.

Darmin yakin kebijakan ini bisa berbuah cepat bagi negara, terutama untuk penyelamatan devisa. Sementara kebijakan lain membutuhkan proses agak lama, seperti penggenjotan industri pariwisata.

Berdasar hitungan Kementerian ESDM jika kebijakan berlaku efektif per 1 September nanti, maka penghematan yang bisa didapat negara untuk sementara adalah US$1,1 miliar atau Rp 15,8 triliun.

(NEXT)


HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading