Uji Coba MRT Lewat Jalur Bawah Tanah Lancar Jaya

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
22 August 2018 11:55
Uji Coba MRT Lewat Jalur Bawah Tanah Lancar Jaya
Jakarta, CNBC Indonesia- Di Agustus ini, PT MRT Jakarta terus melakukan uji coba untuk pengoperasian kereta angkut yang direncanakan mulai bisa digunakan publik Maret tahun depan.

Kamis 9 Agustus lalu, kendaraan moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) ini mulai diuji coba penuh untuk melintas jalur dengan area pengetesan mulai dari Depo Lebak Bulus hingga Stasiun Bundaran Hotel Indonesia. Di uji coba ini, untuk pertama kalinya kereta MRT melewati jalur bawah tanah.




Sekretaris Korporat MRT Tubagus Hikmatullah mengatakan sejak 9 Agustus, MRT mencoba tes sinyal atau System Acceptance Test (SAT) dan tanggal 21 kemarin tes ini coba dilakukan penuh di seluruh jalur lintas MRT, baik atas maupun bawah tanah.

"Untuk pertama kalinya kereta MRT Jakarta melintas jalur bawah tanah, SAT persinyalan berlangsung sukses sesuai harapan," kata Tubagus dikutip dari keterangan resmi perusahaan, Rabu (22/8/2018).

Tak hanya itu, uji coba dilakukan dengan berbagai tingkat kecepatan. Baik kecepatan rendah, medium, maupun tinggi. Dalam pengoperasiannya, kereta MRT Jakarta menggunakan sistem persinyalan Communication- based Train Control (CBTC) yang dikendalikan dari ruangan Operation Control Center (OCC) oleh Traffic Dispatcher.

Kelebihan sistem persinyalan ini salah satunya memungkinkan pengaturan rentang waktu antarkereta di jalur utama diatur oleh Pusat Kendali Operasi (OCC).

Sebelumnya, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan sampai pekan lalu progres konstruksi MRT Jakarta sudah mencapai 95,33%

"Jadi sisa sekitar 5% lagi. Dan kalau kita countdown, masih ada 197 hari lagi menuju operasinya MRT Jakarta," ujarnya di Grand Indonesia, Rabu (15/8/2018).

Setelah ini, lanjutnya, pada akhir Desember akan dilakukan uji coba operasi (trial run) yang akan berlangsung hingga Februari 2019. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading