Halau Impor, RI Siapkan Rp 21 T untuk Ketahanan Pangan 2019

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
20 August 2018 08:55
Halau Impor, RI Siapkan Rp 21 T untuk Ketahanan Pangan 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia fokus memperkuat ketahanan pangan pada tahun depan. Demi program itu, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 21,6 triliun untuk Kementerian Pertanian.

Data tersebut sesuai tercantum dalam dokumen RAPBN 2019 Kementerian Keuangan.

Anggaran tersebut di antaranya digunakan untuk menigkatkan produksi pangan sehingga RI bisa menuju swasembada atau menahan impor pahan.


Berikut secara lengkap program untuk meningkatkan ketahanan pangan pada 2019 yang akan dijalankan Kementerian Pertanian:

1. Program peningkatan produksi, produktivitas, dan mutu hasil tanaman pangan
2. Program peningkatan produksi dan nilai tambah hortikultura
3. Program pemenuhan pangan asal ternak dan agribisnis peternakan rakyat
4. Program penyediaan dan pengembangan prasarana dan sarana pertanian.


Melalui program-program tersebut, berikut target yang ingin dicapai Kementerian Pertanian:

1. Program peningkatan produksi, produktivitas, dan mutu hasil tanaman pangan dengan penerapan budidaya padi sebanyak 1,22 juta ha.
2. Program peningkatan produksi dan nilai tambah hortikultura peningkatan produksi sayuran dan tanaman obat dengan kawasan aneka cabai seluas 10.000 ha.
3. program pemenuhan pangan asal ternak dan agribisnis peternakan rakyat dengan penyediaan benih dan bibit serta peningkatan produksi ternak. Dilakukan dengan bibit ternak unggul sebanyak 580.181 ekor.
4. program penyediaan dan pengembangan prasarana dan sarana pertanian dengan salah satu kegiatan prioritas pengelolaan air irigasi untuk pertanian. Dilakukan dengan jaringan irigasi tersier 134.075 ha.
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading