Gagalnya LRT Jakarta Melayani Publik di Asian Games 2018

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
16 August 2018 12:57
Gagalnya LRT Jakarta Melayani Publik di Asian Games 2018
Jakarta, CNBC Indonesia - Kereta Light Rapid Transit (LRT) Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome mulai memasuki tahap uji coba operasi terbatas sejak kemarin, Rabu (15/8/2018).

Berdasarkan hasil uji coba oleh internal PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta kemarin, Direktur Utama Dwi Wahyu Daryoto mengatakan secara keseluruhan LRT Jakarta sudah bisa beroperasi dengan baik.

"Hasilnya sih kan oke, speednya mulus, waktu tempuhnya oke kan tergantung speednya Saya pernah coba dengan speed 40 km/jam itu sekitar 5-6 menit dari Velodrome ke Kelapa Gading," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Kamis (16/8/2018).


Dwi mengatakan uji coba operasi ini diperlukan untuk memenuhi target pengujian dari Kementerian Perhubungan sebelum mendapatkan izin usaha prasarana perkeretaapian untuk dapat lanjut ke tahap uji operasi untuk umum.

Sebelumnya, uji coba operasi ini ditargetkan dapat dilakukan pada 10 Agustus 2018 lalu. Namun, lanjutnya, target tersebut tidak bisa terealisasi karena beberapa kendala terkait cuaca dan perizinan.

"Memang itu rencana lah, ada beberapa [kendala], yang hujan dia tidak bisa menyelesaikan stasiunnya. Cuma 5 hari kan [telatnya]. Terus belum izin dari Kemenhub untuk uji operasi, kan ada beberapa dokumen yang harus kita penuhi," paparnya.

Uji coba operasi terbatas ini, jelasnya, akan berlangsung sekitar tiga sampai empat bulan ke depan. Untuk itu, selama Asian Games, LRT Jakarta hanya dapat digunakan oleh pihak tertentu yang mendapat undangan. Adapun Asian Games 2018 akan berlangsug mulai 18 Agustus hingga 2 September.

"Ini kan uji coba operasi aja. LRT itu memang tidak ada hubungannya dengan Asian Games yang untuk Jakarta, kalau untuk Palembang iya," tuturnya.

"Lagian kan stasiunnya belum jadi semua, baru Kelapa Gading dan Velodrome. Mungkin sebulan [uji coba] terus kita tutup dulu, dievaluasi dulu, sambil menyelesaikan stasiun lain, nanti dibuka [uji coba operasi] lagi, kayak gitu terus," pungkasnya.



(ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading